Open Courseware

Course List

  • Computer Vision

    Mata kuliah Computer Vision mempelajari prosedur yang dapat digunakan untuk mengekstraksi dan merekonstruksi informasi eksplisit yang bermakna dari sebuah objek fisik melalui sebuah atau sekumpulan citra (images). Bersama dengan teknik-teknik pengenalan pola dan intelegensia semu, Computer Vision akan mampu menghasilkan berbagai sistem cerdas yang efektif dan efisien bagi keperluan industri
  • Manajemen Keuangan Perusahaan

    Mata kuliah Manajemen Keuangan Perusahaan secara singkat menjabarkan tentang pengetahuan dasar manajemen keuangan, model umum manajemen keuangan dan penerapannya dalam pengambilan keputusan di bidang manajemen keuangan.
  • Penulisan Naskah Radio dan Televisi

    Sebagai mahasiswa jurusan komunikasi pemasaran, memiliki informasi dan pengetahuan seputar media massa, khususnya media penyiaran merupakan sebuah syarat cukup dan perlu. Baik itu sebagai pemenuhan persyaratan akademis untuk jenjang strata satu ilmu komunikasi, tetapi juga sebagai konsumen atau praktisi di bidang penyiaran. Salah satu pengetahuan dan informasi yang dimaksud adalah kemampuan menulis naskah radio dan televisi. Bukan sekedar bagaimana teknik dan metode penulisannya (baik kebutuhan jurnalistik maupun non jurnalistik), tetapi juga bagaimana memahami proses, konteks (ruang dan waktu), dan standar etika dan moral yang relevan dengan tema atau topik naskah yang ditulis.
  • Mengarang I

    Mata kuliah Mengarang 1 ini bertujuan untuk mengenalkan mengarang secara sederhana, praktis, dan berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam berbahasa mandarin, mencakup materi dasar seperti penggunaan tanda baca yang benar, kalimat sambung menggabungkan kalimat menjadi satu paragraf, yang akhirnya akan mencapai menulis surat dan meningkatkan kemampuan mengarang dengan kemampuan menulis buku harian sehari-hari.
  • Administrasi dan Operasional Kantor Depan

    Mata kuliah Administrasi dan Operasional Kantor Depan menjelaskan mengenai "skills, knowledge and procedures" yang digunakan dalam "full guest cycle", yang meliputi room reservation, guest check-in, guest check-out, payment transaction, interpret demand forecast, dan yield management dalam industri akomodasi. Dalam mata kuliah ini juga dijelaskan mengenai konsep manajerial di front office yang mencakup planning, staffing, organizing, and managing front office department.
  • Desain Komunikasi Visual III (New Media)

    Mata kuliah ini menjelaskan tentang prinsip dasar dan proses mendesain kemasan, sehingga tercipta hasil desain yang memperhatikan peranan kemasan dalam mata rantai pemasaran, kontribusinya dalam pembentukan identitas perusahaan, menjadi solusi untuk permasalahan keseharian manusia di lingkup ekonomi, sosial dan lingkungan, yang pada akhirnya mata kuliah ini dapat mempengaruhi pembentukan perilaku mahasiswa dalam membudayakan aktivitas studio dan proses kreatif.
  • Web Database

    Pada matakuliah ini mahasiswa diajarkan untuk merancang aplikasi web database sebagai solusi dari masalah yang ada dengan memperhatikan segi keamanannya.
  • Data Warehouse

    Mata kuliah Data Warehouse memuat konsep dasar dari teknik design data warehouse yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis design data warehouse dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.
  • Intelegensia Semu

    Artificial Intelligence adalah bidang ilmu pengetahuan yang membuat bagaimana komputer (mesin) dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia. Contoh mesin cerdas Robot Ashimo sudah bisa melakukan pekerjaan dalam ranah kognitif seperti melakukan analisa dan evaluasi terhadap suatu persoalan, serta dalam ranah afektif Robot Ashimo bisa senyum, membungkukan badan menghormati tamu dsb. Mata kuliah kecerdasan buatan memberikan dasar-dasar tentang mesin cerdas (machine learning). Oleh karena itu materi kuliah akan mencakup : definisi permasalahan, teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan ketidak pastian. Pada tingkat lanjut akan membahas permainan game, perencanaan (planning), pemahaman (understanding), bahasa alami (natural language processing) dan pembelajaran (learning).
  • Pengantar Manajemen dan Bisnis

    Mata kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis memuat konsep dasar tentang fungsi-fungsi manajemen seperti pengorganisasian dan pengendalian serta prinsip-prinsip dalam menyusun perencanaan bisnis yang layak yang meliputi aspek lingkungan bisnis, rencana manajemen, rencana pemasaran dan rencana keuangan.
  • Arsitektur dan Organisasi Komputer

    Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer yang akan digunakan untuk merancang, menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka mendapatkan kinerja sistem komputer yang tinggi.
  • Current Popular IT II

    Matakuliah ini menjelaskan konsep dan implementasi sistem basis data menggunakan DB2, dimulai dari instalasi, membuat database, mengoptimalkan kinerja basis data dan pemecahan masaalah (troubleshooting)
  • Applied Networking II

    Applied Networking 2 merupakan materi CCNA 2 yang difokuskan pada initial router configuration, Cisco IOS Software management, routing protocol configuration, TCP/IP dan access control lists (ACLs). Mahasiswa dapat membangun keahlian dalam mengkonfigurasi router, me-manage Cisco IOS Software, konfigurasi routing protokol pada router dan setting access control lists pada router.
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Mata kuliah algoritma dan metode object oriented programming memuat konsep-konsep dasar dalam membuat algoritma dan pemrograman yang berorientasi object dengan menggunakan bahasa C++.
  • Bahasa Pemrograman Object Oriented

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Teori Sistem

    Teori Sistem mempelajari dasar-dasar permodelan serta memodelkan suatu persoalan yang bersifat fisis ke dalam model matematik dan menuangkannya ke dalam bentuk grafik dengan batuan program MATLAB. Disamping itu pula, hasil permodelannya dianalisa terhadap kehandalan, keinieran dan kelemahannya secara keseluruhan.
  • Praktikum Sistem Digital

    Praktikum ini membahas dan melakukan percobaan untuk membuktikan dan menerapkan teori dan aplikasi dari rangkain digital
  • Sistem Pengaturan Dasar

    Sistem Pengaturan Dasar membahas pemodelan dan metode analisis sistem waktu kontinu beserta perangkat matematis yang digunakan untuk dapat menganalisis dan mengendalikan sistem. Juga dibahas tentang konsep kestabilan sistem. Ini perlu karena kestabilan merupakan prasyarat untuk dapat mengatur sistem. Metode analisis maupun desain sistempengaturan baik secara grafis maupun analitik juga dipelajari.
  • Mikroprosessor

    Mata kuliah Mikroprosesor memuat konsep dasar sistem bilangan, format data, arsitektur mikroprosesor, hirarki memory, pipeline, CISC dan RISC, dan contoh arsitektur mikroprosesor dari beberapa keluarga mikroprosesor Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi jurusan Sistem Komputer yang akan mengambil peminatan sistem kontrol
  • Aktuator dan Sensor

    Aktuator dan Sensor mempelajari teori dan prinsip kerja dari komponen ataupun sub sistem yang berkaitan dengan prinsip otomatisasi yang erat kaitannya dengan teori dan desain untuk otomatisasi yang dikendalikan komputer, yang penekanannya pada pemahaman dan aplikasi secara praktis dengan sistem pneumatik.

BINUS EDUCATION