Open Courseware

Course List

  • Pengantar Marketing

    Matakuliah ini membahas konsep pemasaran dalam mengaplikasikan strategi hubungan pelanggan, merencanakan strategi pemasaran berdasarkan lingkungan dan informasi pasar serta mengamati perilaku konsumen maupun perilaku bisnis sehingga dapat merancang segmentation, targeting, dan positioning yang tepat yang berlandaskan pada program produk, price, place, dan promotion.
  • Periklanan

    Mata kuliah Periklanan ini disusun untuk memperkenalkan teori dasar periklanan dan periklanan sebagai bagian dari komponen penting dalam marketing communication. Dengan mempunyai pengetahuan dasar ini, mahasiswa diharapkan akan memiliki pemahaman konsep dan strategi pemasaran komunikasi dengan membidik pasar yang tepat. Mahasiswa juga dapat menganalisis studi kasus iklan dan mengembangkannya melalui konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif.
  • Analisa Transaksional

    Dalam mata kuliah ini akan dikenalkan tentang knowledge management, bagaimana mengelola knowledge creation, organisasi-organisasi yang sudah menggunakan knowledge management, dan bagaimana pengukuran yang dipakai dalam knowledge management
  • Metode Penelitian Komunikasi Massa

    Mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Massa membahas tentang prosedur penelitian Komunikasi Massa, dikaitkan dengan konsep filosofi Ilmu Pengetahuan ilmiah serta prosedur penelitian Komunikasi Massa.
  • Geometri Terapan II

    Matakuliah ini membahas tentang: Geometri sferik dengan materi-materi luas segitiga, geometri segitiga siku-siku, geometri segitiga sferik, teorema Menelaus, formula Heron yang direvisi; Geometri projektif dengan materi-materi hasil bagi silang garis di tak berhingga, teorema Pascal, koordinat-koordinat projektif, dual konik, teorema Brianchon, koordinat-koordinat luas; dan Fraktal dengan materi-materi sejarah fraktal dan chaos, fraktal di dunia nyata, filosofi fraktal, semi pemodelan fraktal (Contoh fraktal yang terkenal adalah Gasket Sierpinski).
  • Sistem E'Bisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis memuat konsep dasar e-Bisnis yang memberikan gambaran praktek bisnis dengan menggunakan dukungan teknologi informasi, khususnya teknologi Internet dari sudut pandang Manajemen. Mata kuliah e-Bisnis akan menjadi pondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa Jurusan Manajemen yang menggambil peminatan e-Bisnis.
  • Rekayasa Struktur

    Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana menganalisa struktur statis tak tenu dengan dengan metode gaya, displacement method, metode distribusi momen, slope deflection method, flexibility method, stifnes method, dan bantuan program komputer
  • Drainase Perkotaan

    Mata kuliah Drainase Perkotaan memuat konsep aspek Hidrologi dan aspek Hidrolika yang digunakan untuk menghitung debit rancangan dan merencanakan saluran, menuntun mahasiswa memahami permasalahn drainase diperkotaan mulai dari pengertian, permasalahan, perencanaan sampai kepada pola operasional dan pemeliharaan sistem drainase.
  • Konstruksi Bangunan II

    Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah konstruksi bangunan 1, di mana dalam mata kuliah ini memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian konstruksi bangunan beserta syarat-syaratnya. Sehingga melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan suatu rencana desain bangunan sederhana sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  • Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut

    Mata kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut memberikan gambaran umum cara menganalisis, merancang, serta mendokumentasikan hasil perancangan sistem informasi berorientasi objek dengan menggunakan UML Tools. Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi berorientasi objek dasar (M0086).
  • Akuntansi Dasar

    Prinsip-prinsip Akuntansi merupakan dasar awal untuk mempelajari Akuntansi lainnya. Dasar-dasar Akuntansi yang dipelajari terdiri dari introduction to Accounting and Business; Analyzing Transactions; The Adjusting Process; Completing the Accounting Cycle; Accounting System; Accounting for Merchandising Businesses; Inventories, Internal control, and Cash, Receivable; fixed Assets and Intangible Assets; Current Liabilities; and Corporations: Organization, Stock Transactions, and Dividends.
  • Akuntansi Biaya

    Mata kuliah Akuntansi Biaya menjelaskan gambaran umum akuntansi biaya di dalam organisasi dan keterkaitannya dengan pengambilan keputusan, konsep-konsep dasar akuntansi biaya, perhitungan harga pokok baik untuk produk yang dihasilkan berdasarkan pesanan maupun secara massal, pengalokasian biaya antar-departemen, serta produk gabungan dan produk sampingan, perencanaan dan pengendalian biaya dengan menggunakan konsep Activity Based Costing, pengelolaan persediaan, penyusunan anggaran berikut analisa varians, penyusunan laporan keuangan dengan full dan variable costing, serta proses pengambilan keputusan dengan menggunakan analisa biaya-volume-laba.
  • Lab. Komputer I

    Mohon Diisi
  • Lab. Komputer II

    Mohon Diisi
  • Lab. Komputer III

    Mohon Diisi
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Bisnis Internasional

    Mata Kuliah ini memberikan latar belakang bisnis internasional; perbandingan lingkungan; teori dan institusi perdagangan dan investasi; strategi, struktur dan implementasi global; dan penanganan operasi internasional.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Strategi Bisnis

    Mata kuliah strategi bisnis adalah bagian dari manajemen strategi yang memuat konsep lanjutan dari penerapan strategi, dimana model pemecahan kasus bisnis pada level Multi National Company (MNC) merupakan porsi terbanyak dalam mata kuliah ini.
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).

BINUS EDUCATION