Open Courseware

Course List

  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Bisnis Internasional

    Mata Kuliah ini memberikan latar belakang bisnis internasional; perbandingan lingkungan; teori dan institusi perdagangan dan investasi; strategi, struktur dan implementasi global; dan penanganan operasi internasional.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Riset Pemasaran

    Matakuliah riset pemasaran di desain untuk mempersiapkan mahasiswa melakukan proyek penelitian di bidang pemasaran baik untuk keperluan studi maupun pekerjaan
  • Ekonomi Manajerial

    Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami masalah-masalah manajerial yang ditemukan dalam lingkungan pasar yang berbeda seperti monopoli, kompetisi monopolistik, dan kompetisi sempurna, serta menerapkan strategi-strategi pengambilan keputusan mulai dari strategi penetapan harga sampai dengan penetapan waktu dalam pengambilan keputusan yang akan mengubah lingkungan bisnis yang ada.
  • Manajemen Operasional

    Mata kuliah Manajemen Operasional membahas mengenai konsep dan strategi operasi serta berbagai keputusan penting dalam bidang operasi yang terkait dengan rancangan sistem, kualitas, supply chain management, manajemen persediaan, dan penjadwalan
  • Konstruksi Bangunan I

    Mata kuliah ini merupakan bagian dari mata kuliah manajemen konstruksi yang mencakup konsep awal mengenai ketentuan menggambar teknik sampai kepada penjelasan mengenai bangunan teknik sipil sederhana yang dapat digambarkan dengan menggunakan software AutoCAD
  • Sistem Informasi dalam Manajemen

    Mahasiswa sebagai calon professional diharapkan mampu memahami sistem informasi berbasis komputer yang digunakan sebagai dukungan terhadap keputusan yang diambil oleh manajemen pada suatu organisasi. Matakuliah ini memberikan gambaran lengkap tentang sistem informasi yang perlu di bangun di perusahaan. Diharapkan nantinya ketika mahasiswa memasuki dunia kerja, dimana keahlian managerial menjadi sangat penting; pembelajaran ini dapat memberikan orientasi ke arah manajemen ini. Mereka dapat mengandalkan konsep pembelajaran yang ada untuk mengorganisasikan informasi, membangun sistem informasi, dan menjalankan bisnis dari perspektif yang berbasis teknologi.
  • Pengantar Antropologi Sosial

    Matakuliah ini akan menghantar mahasiswa pada perbaikan pandangan dan pengertian tentang struktur sosial di dalam masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Dengan pengetahuan yang baik tentang manusia, masyarakat, budaya dan dinamikanya, serta seluruh unsur-unsur yang ada pada kebudayaan mahasiswa dapat berinteraksi dengan lebih baik di dalam masyarakat sehingga mampu menyongsong perubahan dunia dengan lebih baik pula.
  • Pengantar Ilmu Ekonomi

    Mata kuliah ini berisikan pengantar dari konsep dasar teori ekonomi yang dapat diaplikasikan baik secara teoritis maupun secara praktis
  • Pengantar Ilmu Politik

    Mata kuliah Pengantar Ilmu Politik ini membahas tentang hakikat politik, sistem demokrasi, HAM, dan peran-peranan partai politik dan pemerintah dalam suatu sistem politik dan negara.
  • Pengantar Sosiologi

    Mata Kuliah Pengantar Sosiologi ini membahas gagasan-gagasan umum mengenai hubungan-hubungan sosial individu dan kelompok dalam suatu struktur sosial masyarakat
  • Pengantar Ilmu Komunikasi

    Mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi ini membahas pokok-pokok pikiran dasar mengenai konsep, hakikat, fungsi, pola-pola komunikasi
  • Statistik

    Pemahaman statistik meliputi pengetahuan dasar tentang statistik deskriptif (tabel dan grafik untuk penyajian data), statistik inferensia (pendugaan dan pengujian parameter, peramalan dengan regresi, dan analisis hubungan (korelasi), serta statistik non parametrik
  • Teori Komunikasi Massa

    Mata kuliah Teori Komunikasi Massa membahas tentang pertumbuhan Komunikasi Massa, dikaitkan dengan berbagai implikasi yang terjadi sebagai akibat pertumbuhan teknologi komunikasi, perkembangan teori, serta dampaknya bagi manusia terutama dalam kajian budaya.
  • Komunikasi Antar Budaya

    Mata kuliah Komunikasi Antarbudaya (KAB) membahas tentang proses Komunikasi Antarbudaya seiring dengan intensitas interaksi yang terjadi antarmanusia yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi transportasi dan teknologi informasi, serta kontak antarbudaya yang terjadi akibat globalisasi.
  • Lab. Modeling Keuangan

    Matakuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang penggunaan Ms-Excel sebagai alat bantu menyimpan data keuangan, pembuatan worksheet, menganalisis dan membuat keputusan terbaik di bidang keuangan
  • Teknologi dan Infrastruktur E-Business

    Matakuliah Teknologi dan Infrastruktur e-business memberikan pengertian dan keahlian kepada mahasiswa berkaitan dengan teknologi yang membangun sebuah sistem e-commerce dan e-business. Mahasiswa diberikan suatu konsep mengenai aspek bisnis, teknologi jaringan, dan infrastruktur yang terkait dalam e-business. Pada akhirnya mahasiswa akan dapat melakukan analisis terhadap suatu teknologi dan infrastruktur yang seusai untuk sebuah sistem e-business dan e-commerce.
  • Analisa dan Perancangan E-Business

    Mata Kuliah Analisa dan Perancangan E-Business memberikan gambaran umum cara menganalisa dan merancang perubahan dari eorge yang lama menjadi eorge yang berbasiskan pada eletronik, dan membuat dokumentasinya.
  • Corporate Information System Management

    Corporate Informantion System Management atau Manajemen Sistem Informasi Perusahaan, menjelaskan dasar-dasar dan prinsip-prinsip penerapan TI dan pengelolaan fungsi SI dalam perusahaan yang baik, agar investasi TI dan upaya yang besar mampu memberikan nilai pada perusahaan yang sepadan dalam menghadapi persaingan dan globalisasi, karena perusahaan mampu menciptakan keunggulan dan melayani pelanggan yang lebih baik dengan dukungan TI.

BINUS EDUCATION