Open Courseware

Course List

  • Pengolahan Data Terdistribusi

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Knowledge Management

    Mata kuliah Knowledge Management (KM) memuat prinsip-prinsip pengelolaan pengetahuan perusahaan agar perusahaan mampu memlihara, meningkatkan, serta semakin memanfaatkan pengetahuannya baik untuk proses-proses internal, maupun eksternal dalam melayani pelanggan dan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders), yang berujung pada peningkatan daya saing. Keberhasilan KM ditentukan oleh integrasi pengelolaan orang (people), proses dan teknologi. Bagian utama, namun bukan satu-satunya, dari teknologi adalah teknologi informasi (TI).
  • Algoritma dan Pemrograman

    Pada matakuliah ini bagian awal akan membahas tentang konsep dasar dari Algoritma, agar mahasiswa dapat memecahkan berbagai macam masalah menggunakan metode terstruktur dan logis. Kemudian membahas konsep pemrograman C, agar mahasiswa dapat memecahkan masalah tersebut menggunakan bantuan komputer dan bahasa pemrograman C. Terakhir mahasiswa dapat menggunakan konsep tersebut dalam aplikasi - aplikasi pengurutan data dan pencarian data.
  • Metode Perancangan Program

    Mata kuliah Metode Perancangan Program memuat dua pendekatan untuk merancang suatu program, yaitu dengan pendekatan terstruktur dan pendekatan Object Oriented. Mata kuliah ini menjadi dasar untuk mata kuliah pemrograman lanjutan.
  • Bahasa Rakitan

  • Pemrograman Berorientasi Obyek

    Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek memuat konsep dasar Objek oriented programmming dengan menggunakan bahasa pemrograman C++
  • Sistem Operasi

    Mata kuliah ini membahas klasifikasi dan fungsi sistem operasi, serta manajemen proses, memori, file, dan input-output. Mengingat saat ini ada dua sistem operasi yang mendominasi komputer yaitu Unix dan Windows, maka orientasi mata kuliah ini hanya pada kedua sistem operasi tersebut.
  • Pemrograman Paralel

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep dasar pemrosesan/pemrograman paralel pada komputer paralel atau pada komputer dengan sistem operasi multiprogramming, serta memberikan gambaran tentang masalah-masalah yang dapat diselesaikan secara paralel
  • Sistem Multimedia

    Mata kuliah Sistem Multimedia berisi tentang prinsip - prinsip dasar multimedia interaktif, komponen - komponen multimedia, authoring tools, proses desain dan produksi serta hal - hal termutakhir yang berkaitan dengan pengembangan dan teknologi multimedia.
  • E-Commerce

    Mata kuliah eCommerce berisi tentang prinsip - prinsip eCommerce dan eBusiness yang meliputi teknologi internet dan web, model bisnis eCommerce, faktor - faktor yang berpengaruh dalam penerapan eCommerce, perancangan antarmuka web, dan aplikasi eBusiness. Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat membuat cetak biru eBusiness sederhana.
  • Komunikasi Bisnis I

    Mata kuliah Komunikasi Bisnis I memberikan gambaran komunikasi dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal
  • Ekonomi Mikro

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar teori ekonomi mikro seperti alasan munculnya kegiatan ekonomi hingga berbagai hukum yang yang telah ditemukan, konsep dan penerapan elastisitas, mengkaji permintaan konsumen baik dengan metode cardinal maupun kurva indiferen sehingga menemukan posisi keseimbangan konsumen, menelaah kegiatan produksi untuk menemukan posisi keseimbangan bagi produsen, membahas berbagai bentuk pasar, barang public dan eksternalitas dan pada akhirnya membahas distribusi pendapatan serta kemiskinan.
  • Ekonomi Makro

    Ekonomi Makro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menerangkan bagaimana sistem perokonomian berjalan secara keselurahan
  • Aspek Hukum Dalam Ekonomi

    Mata kuliah aspek hukum dalam ekonomi/bisnis ini memuat konsep pemahaman hukum bagi para praktisi ekonomi/bisnis untuk dapat dijadikan pegangan standar ketika berinteraksi langsung dengan dunia ekonomi/bisnis secara nyata.
  • Ekonomi Pembangunan

    Mata kuliah ini membahas mengenai komponen, fungsi, tujuan, dan masalah-masalah ekonomi pembangunan pada negara-negara berkembang dan pengajaran serta pembahasannya dengan sistem e-manajemen.
  • Perekonomian Indonesia

    Mata Kuliah Perekonomian Indonesia membahas beberapa aspek penting perekonomian nasional yang saat ini sangat relevan untuk dibahas seperti masalah pertumbuhan, kesenjangan ekonomi, utang luar negri dan prospek pembangunan ekonomi daerah
  • Ekonomi Koperasi

    Mata kuliah ekonomi koperasi memuat pengertian, pemahaman dan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang orientasi koperasi sebagai sarana pembangunan desa yang berbasis ekonomi rakyat guna menjawab tantangan global dan regionalisme baru. Mata kuliah ekonomi koperasi akan menggugah mahasiswa agar bersedia mencurahkan pikiran, modal dan tenaga guna mengembangkan perkoperasian Indonesia.
  • Manajemen Keuangan I

    Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar manajemen keuangan, pasar keuangan, evaluasi kinerja, keputusan keuangan jangka pendek, teknik-teknik penganggaran modal, modal kerja, dan estimasi risiko dan tingkat keuntungan. Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan berbagai teknis analisis, baik yang menyangkut pemahaman kondisi keuangan perusahaan, perencanaan, dan keputusan keuangan
  • Manajemen Keuangan II

    Setelah mempelajari Manajemen Keuangan II melalui pembahasan keputusan-keputusan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, kebijakan-kebijakan dividen, pendanaan serta perencanaan keuangan perusahaan, diharapkan mahasiswa mampu menggunakan berbagai teknik analisis, evaluasi baik yang menyangkut keputusan-keputusan keuangan, maupun untuk memahami kondisi keuangan perusahaan dan perencanaan keuangan.
  • Manajemen Pemasaran

    Matakuliah ini membahas keputusan strategis dan langkah-langkah taktis pelaksanaan experiential marketing untuk meningkatkan brand equity dari produk dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Dalam mata kuliah ini dibahas terlebih dulu arti penting dan peran experiential marketing. Kemudian, dilanjutkan dengan bagaimana membuat perencanaan strategis untuk dapat melaksanakan experiential marketing. Pembahasan mengenai perencanaan, strategi dan program pemasaran mengikuti dan ditutup dengan pengembangan kultur korporat bagi organisasi pemasaran sebagai dasar/basis pelaksanaan program experiential marketing.

BINUS EDUCATION