Open Courseware

Course List

  • Pengantar Marketing

    Matakuliah ini membahas konsep pemasaran dalam mengaplikasikan strategi hubungan pelanggan, merencanakan strategi pemasaran berdasarkan lingkungan dan informasi pasar serta mengamati perilaku konsumen maupun perilaku bisnis sehingga dapat merancang segmentation, targeting, dan positioning yang tepat yang berlandaskan pada program produk, price, place, dan promotion.
  • Periklanan

    Mata kuliah Periklanan ini disusun untuk memperkenalkan teori dasar periklanan dan periklanan sebagai bagian dari komponen penting dalam marketing communication. Dengan mempunyai pengetahuan dasar ini, mahasiswa diharapkan akan memiliki pemahaman konsep dan strategi pemasaran komunikasi dengan membidik pasar yang tepat. Mahasiswa juga dapat menganalisis studi kasus iklan dan mengembangkannya melalui konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif.
  • Analisa Transaksional

    Dalam mata kuliah ini akan dikenalkan tentang knowledge management, bagaimana mengelola knowledge creation, organisasi-organisasi yang sudah menggunakan knowledge management, dan bagaimana pengukuran yang dipakai dalam knowledge management
  • Metode Penelitian Komunikasi Massa

    Mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Massa membahas tentang prosedur penelitian Komunikasi Massa, dikaitkan dengan konsep filosofi Ilmu Pengetahuan ilmiah serta prosedur penelitian Komunikasi Massa.
  • Public Opinion

    Matakuliah memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai opini publik, mulai dari pembahasan landasan, makna dan definisi opini publik, teknik-teknik mempengaruhi opini masyarakat, hingga pemanfaatan opini publik di berbagai sektor serta dilengkapi dengan pengaturan opini publik dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Di akhir semester mahasiswa diharapkan mampu menerapkan, memanfaatkan, dan menganalisis penggunaan opini publik dalam komunikasi.
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu

    Mahasiswa akan dapat memahami pengertian dasar dari Integrated Marketing Communication dan aplikasinya dalam menjaring pelanggan.
  • Komunikasi Organisasi

    Matakuliah "Komunikasi Organisasi" mengenalkan komunikasi secara baik kepada seluruh unit kerja organisasi untuk kepentingan operasional kerja dan pelaporannya.
  • Professional Image and Acting

    Kuliah ini berikhtiar memberikan pemahaman kepada mahasiswa (Jurusan Marketing Communication) tentang arti pentingnya menguasai citra/image yang profesional di dalam melaksanakan tugas/karya dan sekaligus memberikan prinsip-prinsip pemahaman akting berdasarkan talenta dan inner-beauty diri, yang diwujudkan dalam bentuk body-language maupun gestur.
  • Sosiologi Komunikasi Massa

    Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang kajian sosiologis dari kegiatan komunikasi, khususnya komunikasi massa. Kajian dari mata kuliah ini meliputi hubungan media massa dengan institusi sosial lain yang ada di dalam masyarakat, hubungan di dalam institusi media termasuk proses produksi isi media dan hubungan media massa dengan khalayak.
  • Geometri Terapan II

    Matakuliah ini membahas tentang: Geometri sferik dengan materi-materi luas segitiga, geometri segitiga siku-siku, geometri segitiga sferik, teorema Menelaus, formula Heron yang direvisi; Geometri projektif dengan materi-materi hasil bagi silang garis di tak berhingga, teorema Pascal, koordinat-koordinat projektif, dual konik, teorema Brianchon, koordinat-koordinat luas; dan Fraktal dengan materi-materi sejarah fraktal dan chaos, fraktal di dunia nyata, filosofi fraktal, semi pemodelan fraktal (Contoh fraktal yang terkenal adalah Gasket Sierpinski).
  • Statistik Ekonomi I

    Mata Kuliah Statistik Ekonomi I memuat konsep dasar statistik yang memberikan gambaran tentang perhitungan parameter statistik untuk ukuran pemusatan, ukuran lokasi dan ukuran variasi serta penggunaan data statistik sebagai bahan untuk menganalisa suatu kegiatan yang bertujuan untk membuat perbandingan dan peramalan dimasa yang akan datang
  • Statistik Ekonomi II

    Matakuliah ini membahas statistika terutama statistika inferensia yang menjelaskan bagaimana teknik-teknik statistika dapat digunakan dalam penarikan kesimpulan terhadap suatu populasi. Kesimpulan yang diperoleh lalu digunakan untuk masukan dalam memecahkan permasalahan yang umum dihadapi oleh sarjana ekonomi dalam kehidupan professional mereka.
  • Akuntansi Manajemen

    Mata kuliah Akuntansi Manajemen memfokuskan bagaimana seharusnya manajer menggunakan data dan informasi akuntansi di dalam organisasi untuk menjalankan fungsi pokok, yaitu 1) perencanaan, 2) aktifitas pengendalian dan 3) mengambil keputusan.
  • Sistem E'Bisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis memuat konsep dasar e-Bisnis yang memberikan gambaran praktek bisnis dengan menggunakan dukungan teknologi informasi, khususnya teknologi Internet dari sudut pandang Manajemen. Mata kuliah e-Bisnis akan menjadi pondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa Jurusan Manajemen yang menggambil peminatan e-Bisnis.
  • Sistem Informasi Manajemen

    Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen memuat konsep dasar Sistem Informasi dan bagaiman peranan dan penerapan Sistem Informasi dalam dunia bisnis. Melalui mata kuliah ini Mahasiswa dapat memahami bagaimana sistem Informasi dapat menjadi salah satu pendukung pengambilan keputusan dalam tingkat manajemen perusahaan, maupun bagaimana Sistem Informasi dapat berperan terhadap aktivitas perusahaan secara keseluruhan.
  • Knowledge Management

    Mata Kuliah Knowledge Management memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang peranan KM dewasa ini, dan membantu mahasiswa dalam menerapkan KM dalam organisasi perusahaan.
  • Percakapan dan Menyimak I (Kaiwa to Chookai I)

    Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menangkap dengan baik apa yang diperlihatkan maupun diperdengarkan sehingga mahasiswa mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
  • Percakapan dan Menyimak II (Kaiwa to Chookai II)

    Mata kuliah Kaiwa & Chokai II ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti, memahami, dan menguasai isi percakapan bahasa Jepang tingkat dasar (kemampuan penguasaan dalam menyimak/listening) sehingga dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang dengan baik, benar, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
  • Percakapan dan Menyimak III (Kaiwa to Chookai III)

    Dalam materi percakapan dan menyimak ini, diharapkan siswa mampu menerapkan pola-pola kalimat dengan tepat dan benar, baik dalam percakapan maupun menyimak ketika berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa Jepang setingkat dasar II. Di mana siswa dapat menggunakan dan menerapkan ungkapan kalimat pola irai, potensial, jidoushi, ikoukei, suiryou, meireikei, kinshikei, jouken, youni, ukemi, nowa
  • Komposisi dan Presentasi Karangan (Sakubun to Happyoo) II

    Mata kuliah ini berisikan konsep dasar dan lanjutan dalam menyusun suatu karangan, mulai dari karangan sederhana sampai karangan ilmiah atau makalah.

BINUS EDUCATION