Open Courseware

Course List

  • Grafik Komputer

    Grafika Komputer (computer graphics) adalah sebuah teknologi visualisasi berbasis komputer yang mampu menghasilkan gambar-gambar dengan persepsi 3D pada layar 2D. Dalam mata kuliah Grafika Komputer mahasiswa tidak hanya akan memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana prinsip-prinsip 3D graphics pipeline ini diimplementasikan tetapi lebih dari itu, dengan menggunakan bahasa C/C++ dan mesin grafik openGL, mahasiswa akan mendapatkan pula "hands-on experiences" dalam pemrograman grafik 2D/3D interaktif.
  • Interaksi Manusia dan Komputer

    Pada mata kuliah ini mahasiswa akan membahas faktor-faktor manusia yang harus diperhatikan dalam merancang antarmuka: teori, prinsip, pedoman yang harus diperhatikan; bagaimana mengelola proses perancangan; bagaimana mengembangkan alternatif perancangan menu, formulir dan kotak dialog; bagaimana teknik mencari dan visualisasi informasi yang baik.Serta dibahas juga materi praktikum yang mengajarkan konsep perancangan Interaksi Manusia dan Komputer (User Interface) pada aplikasi desktop maupun situs. Contoh aplikasi yang digunakan adalah Visual Basic.NET untuk penerapan desktop application, Adobe Photoshop CS3 sebagai tools untuk digital image editing, dan Adobe Dreamweaver CS3 sebagai tools dalam perancangan web application.
  • Metode Perancangan Program

    Mata kuliah Metode Perancangan Program membuat dua pendekatan untuk merancang suatu program, yaitu dengan pendekatan terstruktur dan pendekatan Object Oriented. Mata kuliah ini menjadi dasar untuk mata kuliah pemrograman lanjutan.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • OO Software Engineering

    Mata kuliah Object Oriented Software Engineering memuat konsep dasar rekayasa piranti lunak yang berorientasi object dengan menggunakan pemodelan visual UML dan Java. Mata kuliah ini akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang mengambil peminatan rekayasa piranti lunak.
  • Software Project Management

    Matakuliah ini menjelaskan konsep manajemen proyek piranti lunak, tahapan perencanaan proyek, alokasi sumberdaya proyek, jaminan kualitas piranti lunak, dan penggunaan perangkat bantu manajemen proyek.
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Kondisi ini menuntut seseorang profesional teknologi informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari, dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara garis besar, pengetahuan dan keterampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional, dan logical.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan tahapan teknik kompilasi yaitu lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, type checking, intermediate code generator, code optimization dan code generator. Disamping itu matakuliah ini juga memberikan gambaran untuk merancang compiler yang efektif dan tools untuk mengenerate compiler.
  • Analisa dan Perancangan Sistem

    Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada suatu sistem, terlibat dalam manajemen proyek pengembangan sistem, menganalisis sistem, menggali persyaratan/kebutuhan sistem, melakukan pemodelan data dan proses, merancang arsitektur aplikasi, basis data, input dan output, serta implementasi rancangan sisem.
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Teknologi peranti lunak berkembang sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman dengan baik, sebagai dasar untuk pengembangan aplikasi peranti lunak maka perlu memahami Teori Automata dan Bahasa Formal. Mata kuliah ini akan mempelajari teori automata dan bahasa formal, khususnya Finite Automata dan Grammar yang berguna dalam merancang lexical analyser dan syntatic parser. Selain itu teori automata juga dapat digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Analisis Kuantitatif

    Risk dan Return menjadi ukuran kinerja dari suatu harta (assets-single security and portfolio) sehingga pengetahuan tentang cara menghitung risk dan return menjadi penting. Perhitungan risk dan return ini bisa dijadikan dasar untuk peramalan risk dan return suatu assets, single security, atau portfolio di masa yang akan datang. Suatu analisis untuk investasi dengan menggunakan data-data quantitatif bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  • Studi Kelayakan Bisnis

    Studi Kelayakan Bisnis adalah Penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (Proyek Investasi) dilaksanakan. Dalam mata kuliah ini pemodelan suatu proyek berbasis bisnis diharapkan dapat dihitung, dianalisa dan diterapkan ke dalam Bentuk yang sesuai dengan metode yang terkait, sehingga dapat diperoleh solusi untuk pengambilan keputusan. Pengetahuan ini merupakan mata kuliah di semester akhir jurusan manajemen.
  • Pemasaran Internasional

    Mata kuliah Pemasaran Internasional memuat konsep dasar Pemasaran Internasional yang mencakup tinjauan konseptual, lingkungan pemasaran global, merumuskan strategi pemasaran global, menciptakan program -program pemasaran global dan pengendalian global
  • Aplikasi dan Penerapan eBisnis

    Mata kuliah Aplikasi dan Penerapan E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh aplikasi e-Business yang kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat
  • Manajemen Perubahan

    Manajemen Perubahan merupakan materi perkuliahan agar mahasiswa dapat memahami model suatu organisasi yang dapat dibuat dalam struktur dan dikelola dengan baik serta dapat membuat suatu pedoman untuk menentukan perilaku dan kefektifan individu dan kelompok dalam suatu organisasi.
  • Strategi Pemasaran

    Mata kuliah ini membahas konsep pemasaran dalam merencanakan strategi pemasaran berdasarkan lingkungan dan informasi pasar sehingga dapat merancang segmentasi, targeting, dan positioning berlandaskan pada program produk, price, place, dan promotion serta mampu mengimplementasikannya secara tepat.
  • Strategi dan Pemasaran eBisnis

    Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh strategi pemasaran melalui Internet yang kontekstual di dunia dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat menyusun dan mengevaluasi beberapa contoh strategi pemasaran melalui Internet yang dapat diterapkan pada jenis usaha tertentu. Dengan mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, dan Studi Kasus di kelas, maka mahasiswa akan dapat membuat dan menjalankan simulasi pemasaran e-bisnis di Internet, sehingga meningkatkan kemampuan terhadap pemasaran bisnis secara nyata dan dapat dipraktikkan pada saat itu, setelah lulus, ataupun ketika terjun di dunia kerja.
  • Perancangan Situs Web

    Mata kuliah ini membekali dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa untuk memahami situs web dan keterampilan untuk merancang situs web dasar yang dapat digunakan ketika terjun ke dunia bisnis.
  • Ekonomi

    Mata kuliah ini berisikan pengantar dari konsep dasar teori ekonomi yang dapat diaplikasikan baik secara teoritis maupun secara praktis

BINUS EDUCATION