Open Courseware

Course List

  • Manajemen Kinerja Sistem Komputer

    This Subject is about improving the quality of information for decision making related to the application of information technology. the subject focus on the needs of management to reliably: - Inform itself about relevant aspects of its business and protect its assets (chapters 1 through 6) - Inform others about relevant aspects of its business to lower the cost of capital, production, storage, selling and distribution (chapter 7 through 10), and - Comply wiht applicable laws and regulations (chapters 11 and 12)
  • Matematika Industri II

    Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar matematika yang dapat digunakan untuk mempelajari perkuliahan teknik industri, terdiri dari problem integral dan integral ganda, persamaan diferensial linier orde satu dan dua, persamaan diferensial eksak, persamaan diferensial homogen orde dua dan orde tinggi, matrik, invers matrik, dan determinan, vektor di R2 dan R3, berikut aplikasinya.
  • Algoritma dan Pemrograman Komputer

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam menggunakan atau memanfaatkan salah satu bahasa pemrograman yang telah ada untuk diaplikasikan dalam suatu aplikasi industri, agar mahasiswa mendapatkan wawasan dalam memanfaatkan teknologi informasi
  • Fisika Dasar

    Fisika Dasar merupakan dasar ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai basis untuk mempelajari bidang aplikasi lain dengan lebih mudah serta sangat membantu untuk memecahkan segala masalah dalam segala bidang khususnya disain dan rekayasa industri.
  • Kimia Dasar

    Mata kuliah kimia dasar meliputi materi konsep mol, persamaan reaksi, stoikiometri, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, redoks, polimer , korosi dan limbah ( pencemaran )
  • Analisis Sistem Informasi

    Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada suatu proses bisnis, terlibat dalam manajemen proyek pengembangan sistem, menganalisis sistem, menggali persyaratan/kebutuhan sistem, dan melakukan pemodelan data dan proses.
  • Teknologi Proses Manufaktur

    Mata kuliah Teknologi Proses Manufaktur memuat konsep dasar proses manufaktur, berbagai macam teknik pengolahan , penyambungan dan penyelesaian logam menjadi suatu produk industri serta dasar evaluasi dan analisis dalam proses permesinan
  • Perancangan Sistem Informasi

    Mata kuliah Perancangan Sistem Informasi ini, merupakan kelanjutan dari Analisis sistem informasi. Dengan mempelajari perancangan sistem informasi ini, maka mahasiswa akan menjadi biasa dalam melakukan analisis terhadap proses bisnis dan kebutuhan informasi perusahaan. Mata kuliah ini berisi langkah langkah dalam melakukan pembuatan Model dan arsitektur dari sistem informasi.
  • Pengantar Ekonomi

    Mata kuliah ini berisikan pengantar dari konsep dasar teori ekonomi yang dapat diaplikasikan baik secara teoritis maupun secara praktis
  • Perancangan dan Tata Letak Fasilitas

    Mata Kuliah Perancangan dan Tata Letak Fasilitas memuat konsep dasar merancang suatu manufaktur lengkap dengan tata letak mesin produksi berikut aliran proses material handling dan fasilitas-fasilitas pendukungnya dari sudut pandang ukuran performansi yang lebih efisien
  • Praktikum Perancangan dan Tata Letak Fasilitas

    Matakuliah Praktikum Perancangan dan Tata Letak Fasilitas memuat tahapan-tahapan perancangan suatu manufaktur lengkap dengan tata letak mesin produksi berikut aliran proses material handling dan fasilitas-fasilitas pendukungnya dari sudut pandang ukuran performansi yang lebih efisien dan efektif.
  • Praktikum Perencanaan dan Pengendalian Produksi

    Mohon Diisi
  • Sistem Operasi Jasa

    Matakuliah sistem operasi jasa menjelaskan dasar-dasar operasi dan manajemen yang penting dalam industri jasa. Matakuliah ini juga menggunakan dasar-dasar dari matakuliah operasi dan manajemen lainnya, dengan dilakukan beberapa penyesuaian. Juga dijelaskan hal-hal penting lainnya yang membedakan industri jasa dari industri lainnya, berikut tren dan perkembangannya saat ini.
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap konsep dan implementasi keselamatan dan kesehatan kerja dalam dunia industri, sehingga mahasiswa tersebut mampu menganalisis faktor penyebab kecelakaan kerja dan faktor tidak selamat, serta mampu menyusun program yang mendukung keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan industri.
  • Pengetahuan Bahan

    Pengetahuan Bahan membahas tentang jenis bahan industri , ikatan kimia , sifat mekanik, sifat termal, struktur kristal, diagram fasa , kerusakan bahan dan dampak penggunaan bahan terhadap lingkungan .
  • Fisika I

    Mata kuliah Fisika 1 memuat konsep dasar mengenai: besaran dan satuan fisika, vektor dan operasi vektor, gerak satu dan dua dimensi, hukum-hukum newton, usaha dan energi serta kekekalan energi, sistem partikel, tumbukan, gerak rotasi, torsi dan momentum sudut serta kesetimbangan statik, medan gravitasi, fluida, osilasi, gelombang dan gelombang bunyi, temperatur dan panas, dan memberikan gambaran dalam penerapannya dibidang ilmu teknik khususnya teknik Industri.
  • Fisika II

    Mata kuliah Fisika II memuat konsep dasar mengenai : hukum Coulomb, medan listrik, hukum Gauss, potesial listrik, kapasitor dan kapasitansi, arus listrik, rangkaian listrik, gaya magnet, medan magnet, induksi dan induktansi, arus bolak-balik, gelombang elektromagnetik, interferensi, difraksi dan polarisasi, dan memberikan gambaran dalam penerapannya dalam bidang ilmu teknik khusunya teknik industri.
  • Environmental Science

    Mata kuliah environmental science membahas hal-hal yang wajib diketahui oleh seorang insinyur teknik industri, mengenai prinsip-prinsip, dasar-dasar, dan isu-isu yang sedang berkembang mengenai ilmu lingkungan. Sesuai dengan isu terkini dan kondisi lingkungan yang telah semakin "dirusak" oleh perkembangan teknologi dan industri masa kini, sehingga ke depan diharapkan seorang insinyur teknik industri semakin peduli terhadap lingkungan. Adapun dasar-dasar ilmu yang dipakai adalah dasar-dasar kimia, biologi, dan matematika sederhana.
  • Teori Probabilitas

    Mata kuliah Statistik Probabilitas memuat konsep dasar peluang, peubah acak, pendugaan dan pegujian hipotesis parameter populasi, pembandingan nilai tengah (rataan), proporsi, analisis ragam (varians) dan regresi dan korelasi.
  • Statistika dan Aplikasinya

    Statistika dan aplikasinya membahas tentang statistik deskriptif, hitung peluang, dan sebaran peluang. Pendugaan dan pengujian hipotesis parameter populasi (1 populasi, 2 populasi, dan lebih dari 2 populasi) melalui statistik parametrik dan non-parametrik. Pendugaan hubungan antar variabel melalui korelasi dan regresi

BINUS EDUCATION