Open Courseware

Course List

  • Pengetahuan Bahan Bangunan II

    Mata kuliah Pengetahuan Bahan Bangunan II membahas tentang jenis-jenis bahan bangunan non-alami (buatan) seperti kaca, keramik, saniter, plastik, cat dinding, dan bahan penutup berikut dengan kegunaan beserta keuntungan dan karakteristiknya untuk diterapkan pada perencanaan interior dan furnitur rumah tinggal
  • Desain Interior I

    Mata kuliah Desain Interior I memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain sebuah apartemen satu kamar dengan memperhatikan segala aspek di dalamnya, seperti lantai, dinding, ceiling, dan aksesoris pendukung di dalamnya.
  • Desain Interior II

    Mohon Diisi
  • Teknologi Bahan Konstruksi

    Mata kuliah Teknologi Bahan Konstruksi ini memuat konsep dasar dari pengetahuan bahan atau material pembuatan beton, persyaratan material, standar yang dipakai dan berlaku di Indonesia, perencanaan, dan proses pembuatan beton. Mata kuliah ini menjadi fondasi dan prasyarat utama bagi mahasiswa jurusan Teknik Sipil yang nantinya akan terlibat dalam perencanaan dan pembangunan konstruksi.
  • Mekanika Bahan

    Mata kuliah ini menyajikan suatu pengantar terhadap konsep mekanika dari material/bahan padat dengan aplikasi secara teknis terhadap perilaku material tersebut. Selanjutnya akan ditekankan beberapa hal yang penting menyangkut perilaku material, terkait dengan fungsinya dalam konstruksi, yaitu : (1) Deformasi/Perubahan bentuk dari struktur material (2) Gaya-gaya yang bekerja di dalam dan pada material, termasuk sifat-sifat mekanis dari material tersebut yang ditimbulkannya (3). Aspek fisis dan sifat dari sistem struktur/material yang dikaitkan dengan perhitungan gaya dan pergerakan/deformasi
  • Struktur Data

    Matakuliah ini mempelajari beberapa data komposit seperti array, struct, dan linked-list serta implementasinya untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Matakuliah ini mempelajari berbagai abstract data type seperti stack, queue, tree, graph dan implementasinya yang digunakan dalam pemecahan masalah. Matakuliah ini mensyaratkan pembelajar telah mempelajari algoritma pemrograman (T0016)
  • Desain Komunikasi Visual III (New Media)

    Mata kuliah ini menjelaskan tentang prinsip dasar dan proses mendesain kemasan, sehingga tercipta hasil desain yang memperhatikan peranan kemasan dalam mata rantai pemasaran, kontribusinya dalam pembentukan identitas perusahaan, menjadi solusi untuk permasalahan keseharian manusia di lingkup ekonomi, sosial dan lingkungan, yang pada akhirnya mata kuliah ini dapat mempengaruhi pembentukan perilaku mahasiswa dalam membudayakan aktivitas studio dan proses kreatif.
  • Grafik Komputer

    Grafika Komputer (computer graphics) adalah sebuah teknologi visualisasi berbasis komputer yang mampu menghasilkan gambar-gambar dengan persepsi 3D pada layar 2D. Dalam mata kuliah Grafika Komputer mahasiswa tidak hanya akan memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana prinsip-prinsip 3D graphics pipeline ini diimplementasikan tetapi lebih dari itu, dengan menggunakan bahasa C/C++ dan mesin grafik openGL, mahasiswa akan mendapatkan pula "hands-on experiences" dalam pemrograman grafik 2D/3D interaktif.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • Ergonomi Interior

    Mata kuliah ini mempelajari tentang ergonomi yaitu ilmu antar disiplin yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Seiring dengan perkembangan zaman, faktor-faktor manusia akhirnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suatu proses perancangan. Dengan demikian ergonomi, terutama ergonomi yang berkaitan dengan ruang & interior menjadi penting karena dapat mendukung suatu konsep perancangan ruang & interior menjadi selaras antara pemakai & lingkungannya.
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan Indonesia II

    Mata kuliah Sejarah Seni Rupa dan Kesenian Indonesia II menjabarkan perkembangan kesenian dan kebudayaan Indonesia sejak periode kolonial Hindia Belanda sampai dengan masa kini, berkaitan dengan latar belakang budaya dan pemikiran, tokoh-tokoh seniman, dan karakteristik karyanya yang pengaruhnya dapat memberi inspirasi `local content` dalam mendukung perkuliahan praktik.
  • Intelegensia Semu

    Artificial Intelligence adalah bidang ilmu pengetahuan yang membuat bagaimana komputer (mesin) dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia. Contoh mesin cerdas Robot Ashimo sudah bisa melakukan pekerjaan dalam ranah kognitif seperti melakukan analisa dan evaluasi terhadap suatu persoalan, serta dalam ranah afektif Robot Ashimo bisa senyum, membungkukan badan menghormati tamu dsb. Mata kuliah kecerdasan buatan memberikan dasar-dasar tentang mesin cerdas (machine learning). Oleh karena itu materi kuliah akan mencakup : definisi permasalahan, teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan ketidak pastian. Pada tingkat lanjut akan membahas permainan game, perencanaan (planning), pemahaman (understanding), bahasa alami (natural language processing) dan pembelajaran (learning).
  • Bahasa Pemrograman Object Oriented

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk prosesor 8088. Untuk mempelajari sistem komputer secara menyeluruh maka diperlukan pengetahuan, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mata kuliah ini adalah sebagai jembatan untuk mempelajari cara kerja perangkat keras dan lunak.
  • Pemrograman

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Computer Vision

    Mata kuliah Visi Komputer (Computer Vision) merupakan bidang ilmu yang melakukan studi bagaimana sistem komputer mampu mengenali pola atau obyek yang diamati melalui sistem sensor (kamera, dll). Bidang ilmu ini mengembangkan berbagai pendekatannya dengan cara mengkombinasikan teknik-teknik Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola/Obyek. Bersama bidang Intelijensia Semu (Artificial Intelligence), bidang Visi Komputer akan mampu menghasilkan sebuah Sistem Cerdas (Intelligent System).
  • Interaksi Manusia dan Komputer

    Mahasiswa akan mempelajari faktor-faktor manusia yang harus diperhatikan dalam merancang antarmuka, teori, prinsip, pedoman yang harus diperhatikan, bagaimana mengelola proses perancangan, bagaimana merancang menu, formulir dan kotak dialog, bagaimana teknik mencari, dan visualisasi informasi yang baik serta bagaimana menilai, dan menguji usability terhadap sistem komputer interaktif.
  • Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut

    Mata Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi berorientasi Objek Lanjutan memberikan gambaran umum cara menganalisa dan merancang serta mendokumentasikan hasil perancangan sistem informasi berorientasi objek dengan menggunakan UML Tools. Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Mata kuliah Analisan dan Perancangan Sistem Informasi berorientasi objek dasar (M0086).
  • Akuntansi Biaya

    Mata kuliah akuntansi biaya menjelaskan tentang konsep-konsep akuntansi biaya, perhitungan harga pokok, baik untuk produk yang dihasilkan berdasarkan pesanan maupun proses, analisis impas, analisis variabel, analisis biaya relevan, analisis variance, alokasi biaya, perencanaan dan pengendalian biaya melalui Activity Based Costing, Just-In-Time, dan penganggaran modal, serta evaluasi kinerja manajerial melalui Balance Score Card.

BINUS EDUCATION