Open Courseware

Course List

  • Algoritma dan Pemrograman

    Pada matakuliah ini bagian awal akan membahas tentang konsep dasar dari Algoritma, agar mahasiswa dapat memecahkan berbagai macam masalah menggunakan metode terstruktur dan logis. Kemudian membahas konsep pemrograman C, agar mahasiswa dapat memecahkan masalah tersebut menggunakan bantuan komputer dan bahasa pemrograman C. Terakhir mahasiswa dapat menggunakan konsep tersebut dalam aplikasi - aplikasi pengurutan data dan pencarian data.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar teknik kompilasi yang meliputi fungsi, tahapan kompilasi, lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, semantic analysis, intermediate code generator dan code generator. Disamping itu juga membahas berbagai tools yang digunakan untuk mengenerate compiler dan peranan compiler dalam dunia teknologi informasi
  • Sejarah Seni Rupa Barat

    Mahasiswa dapat memahami bahwa perkembangan seni dipengaruhi berbagai faktor yang menjadi latar belakang karya seni. Hal ini terlihat dari karya seni yang dihasilkan yaitu seni lukis, seni patung, seni kerajinan, dan seni bangunan. Karya seni tersebut dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan dan fisik manusia, sistem kepercayaan yang dianut dan pandangan hidupnya. Inilah yang memperkaya hasil budi daya dan pikir manusia dalam hal berkesenian.
  • Psikologi Faal

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar fisiologi tubuh manusia mulai dari sistem tubuh manusia serta keseimbangannya, konsep dan dasar evolusi serta genetika manusia hubungannya dengan interaksi internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan perilaku, pembentukan struktur, fungsi, proses pengendalian serta koordinasi sistem saraf, sistem endokrin, fisiologi reproduksi serta sistem penginderaan yang berhubungan dengan dan berpengaruh terhadap perilaku manusia, dan biopsikologi dari gangguan-gangguan psikiatrik.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari-hari dan memanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI. Merupakan mata kuliah yang paling dasar bagi mahasiswa agar memiliki pondasi yang kuat dengan istilah-istilah atau terminologi yang ada di TI.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI. Merupakan mata kuliah yang paling dasar bagi mahasiswa agar memiliki
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Multimedia 3D Modelling and Animation

    Mohon Diisi
  • Estetika

    Mata kuliah Estetika memuat konsep-konsep dasar estetika yang memberikan gambaran berbagai teori estetika (Timur-Barat), tentang seni (keindahan), dan pengalaman seni dengan dukungan informasi buku, jurnal, internet, dari sudut pandang estetika.
  • Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan Indonesia I

    Mata Kuliah Sejarah Seni Rupa dan Kesenian Indonesia memberikan gambaran tentang perkembangan kesenian dan kebudayaan Indonesia sejak awal pra sejarah sampai dengan masa Islam. Mata kuliah ini akan menjadi fondasi bagi para mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual untuk dapat memahami dan mempraktekkan pengaruh budaya dan "local content" dalam implementasinya pada disiplin disain grafis dari sudut pandang yang lebih global, cultural dan histories.
  • Metodologi Desain

    Mata kuliah ini membahas proses pemecahan masalah desain grafis dengan menggunalkan berbagai pendekatan / metode seperti Form & Content, Lateral Thinking dan Brainstorming. Mata kuliah Metodologi Desain dapat menjadi fondasi bagi mahasiswa untuk menghasilkan solusi visual yang metodologis dan konseptual
  • Menggambar I

    Mata Kuliah Menggambar 1 memuat dasar-dasar awal dalam menggambar sebagai mata kuliah pendukung DKV, Periklanan, Ilustrasi dan Audio Visual.
  • Menggambar II

    Mata kuliah Menggambar 2 memuat lanjutan dasar-dasar menggambar sebagai mata kuliah pendukung DKV, Pengantar Periklanan, Ilustrasi dan Audio Visual.
  • Nirmana Datar

    Mata Kuliah Nirmana Datar memuat koneksi, relasi, eksplorasi, analisis dan transformasikan sebagai fondasi yang mampu mendukung disiplin-disiplin Desain Komunikasi Visual.
  • Manajemen Desain

    Mata kuliah manajemen desain memuat seluruh kemampuan dasar mengatur sebuah proyek desain. Mulai dari mengenal diri sendiri, membuat business plan, mengatur proyek desain, pengenalan dasar penggunaan surat-surat niaga, menghitung harga desain, sales & marketing, presentasi.
  • Tipografi III

    Mata kuliah tipografi 3 membahas tentang berbagai elemen dan prinsip tipografi yang dapat diterapkan untuk menghasilkan desain (khususnya bodytext) mulai dari problem desain yang sederhana hingga kompleks. Mata kuliah tipografi 3 ini akan menjadi fondasi bagi para mahasiswa jurusan Desain Komunkiasi Visual untuk dapat menghasilkan konfigurasi layout tipografi yang komprehensif, representatif dan berwawasan.
  • Desain Desktop I

    Mata kuliah Desain Desktop I memuat teknis pengoperasian software vector graphics editing. Mata kuliah Desain Desktop I akan menjadi salah satu pendukung teknis utama mahasiwa DKV untuk dapat memahami dan mampu mengimplementasikan disiplin desain komunikasi visual.
  • Desain Desktop II

    mohon diisi
  • Animasi I

    Mata Kuliah Animasi 1 memuat konsep dasar animasi 3D dengan menerapkan pembelajaran dan pelatihan basic pipeline didalam produksi. Pola ini dijadikan sebagai suatu syarat agar dapat menciptakan karya visual 3D kedalam media cetak dan gerak.
  • Animasi II

    Mata Kuliah Animasi II memuat Advanced technique didalam mengimplementasikan konsep animasi yang difokuskan pada media broadcast (television) dan cinema

BINUS EDUCATION