Open Courseware

Course List

  • Bahasa Inggris III

    Mata kuliah Bahasa Inggris III memuat materi TOEFL yang di fokuskan pada aspek Structure, Reading and Writing (teknik penulisan/ pengembangan paragraf dan essay). Selain itu, Mata kuliah kuliah ini juga mencakup materi Business English untuk memberi wawasan mahasiswa tentang penggunaan bahasa Inggris untuk keperluan Business. Mengingat matakuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Bahasa Inggris I dan II maka, materi dan latihan TOEFL yang diberikan lebih sulit dibandingkan dengan materi pada Bahasa Inggriss I dan II.
  • Praktikum Elektronika Terpadu

    Mohon Diisi
  • Sistem Digital

    Mata kuliah Sistem Digital memberikan konsep dasar pengetahuan secara teoritis dan praktis tentang bilangan biner, aljabar Boolean, rangkaian kombinasional, rangkaian sekuensial asinkron,dan rangkaian sekuensial sinkron dalam membentuk suatu system digital dengan mempergunakan berbagai komponen digital.
  • Praktikum Sistem Digital

    Mohon Diisi
  • Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi

    Mata kuliah Pemrograman Bahasa Tingkat tinggi bertujuan memberikan dasar bagi mahasiswa mengenai tahap-tahap perancangan software secara sistematis (software engineering) dengan "Studi Kasus" yang lebih menekankan pada fungsi komputer untuk mengkontrol komponen-komponen elektronika sederhana, sehingga dapat menjadi dasar pengetahuan dalam membangun sistem kontrol pada dunia nyata.
  • Ilmu Ukur Tanah

    Mata kuliah ini akan mengajarkan tentang hal-hal yang berkaitan pengukuran, pemetaan dalam dunia teknik sipil termasuk cara pengoperasian alat ukur, interpretasi hasil pengukuran, serta cara-cara perhitungan dalam bidang ukur tanah
  • Konstruksi Bangunan II

    Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah konstruksi bangunan 1, di mana dalam mata kuliah ini memberikan penjelasan mengenai bagian - bagian konstruksi bangunan beserta syarat - syaratnya. Sehingga melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan suatu rencana desain bangunan sederhana sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  • Algoritma dan Pemrograman

    Mata kuliah ini mempelajari bagaimana merumuskan, mengembangkan dan mengimplementasikan algoritma menggunakan bahasa pemrograman FORTRAN dan bahasa pemrograman C++
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Perancangan Situs Web

    Mata kuliah ini membekali dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa untuk memahami situs web dan keterampilan untuk merancang situs web dasar yang dapat digunakan ketika terjun ke dunia bisnis.
  • Strategi Bisnis

    Mata kuliah strategi bisnis adalah bagian dari manajemen strategi yang memuat konsep lanjutan dari penerapan strategi, dimana model pemecahan kasus bisnis pada level Multi National Company (MNC) merupakan porsi terbanyak dalam mata kuliah ini.
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).
  • Ekonomi Manajerial

    Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami masalah-masalah manajerial yang ditemukan dalam lingkungan pasar yang berbeda seperti monopoli, kompetisi monopolistik, dan kompetisi sempurna, serta menerapkan strategi-strategi pengambilan keputusan mulai dari strategi penetapan harga sampai dengan penetapan waktu dalam pengambilan keputusan yang akan mengubah lingkungan bisnis yang ada.
  • Manajemen Operasional

    Mata kuliah Manajemen Operasi membahas mengenai konsep dan strategi operasi serta berbagai keputusan penting dalam bidang operasi terkait dengan desain produk dan jasa, desain mutu, desain proses dan kapasitas, perencanaan lokasi, desain tata letak, manajemen rantai pasokan, system persediaan dan system penjadwalan.
  • Pemasaran Internasional

    Mata kuliah Pemasaran Internasional memuat konsep dasar Pemasaran Internasional yang mencakup tinjauan konsepsual, lingkungan pemasaran global (ekonomi, sosial budaya, politik, hukum dan keuangan). membuat target pasar global, merumuskan strategi pemasaran global, menciptakan program-program pemasaran global dan mengendalikan program pemasaran global. Mata kuliah ini merupakan fondasi dan prasyar
  • Aplikasi dan Penerapan eBisnis

    Mata kuliah Aplikasi dan Penerapan E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh aplikasi e-Business yang kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat
  • Strategi Pemasaran

    Mata kuliah Strategi Pemasaran mempelajari konsep dasar strategi dibidang pemasaran dengan menganalisa peran strategi yang dilaksanakan dalam kegiatan persaingan bisnis, sebagai pemimpin pasar sampai ke perelung pasar, dalam kondisi product life cycle, termasuk program pengendalian.
  • Matematika Bisnis

    Mata kuliah Matematika Bisnis membuat konsep dasar matematika untuk diterapkan di bidang ekonomi dan bisnis yang merupakan pendukung dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara kuantitatif dalam ekonomi dan bisnis, sehingga mata kuliah ini merupakan dasar bagi seseorang yang ingin menganalisis, merancang, dan membuat suatu keputusan untuk penyelesaian-penyelesaian kasus aplikasi ekonomi dan bisnis
  • Perencanaan Strategi Sistem Informasi

    Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami keterkaitan strategi bisnis dengan strategi system informasi. Selanjutnya mahasiswa akan mampu menciptakan strategi system informasi tingkat awal yang diperlukan suatu perusahaan atau organisasi agar dapat unggul berkompetisi serta mampu mengelola aplikasi yang harus ada pada perusahaan atau organisasi tsb.

BINUS EDUCATION