Open Courseware

Course List

  • Manajemen Resiko Berkomputer

    Mata kuliah ini memberikan para mahasiswa pengetahuan, konsep-konsep serta keahlian analisis tentang resiko, ancaman, hazard, dan vulnerabilitas dari keamanan informasi organisasi sehubungan dengan aplikasi-aplikasi sistem komputer. Selain itu, Mata Kuliah ini juga memberikan suatu keahlian bagi mahasiswa bagaimana mengelola resiko yang mungkin terjadi sehubungan dengan akftifitas berkomputer dalam kehidupan sehari-hari.
  • Character Building IV

    Mata Kuliah Character Building IV (CB IV) "Relasi Dengan Dunia" merupakan tema keempat, sekaligus terakhir dari empat tema mata kuliah Character Building yang diajarkan kepada semua mahasiswa Bina Nusantara University dan merupakan bagian integral dalam usaha mendorong terwujudnya Binusian yang Smart and Good. CB IV berisi materi bagaimana para Binusian mengembangkan dan menggunakan prinsip-prinsip etis dalam setiap keputusannya baik dalam penggunaan teknologi, pelestarian lingkungan hidup, maupun dalam dunia kerja.
  • Praktikum Jaringan Komputer

    Mahasiswa menerapkan pengetahuan teoritik mengenai jaringan komputer mulai dari Physical Layer dengan membuat kabel UTP, memasang LAN, melakukan internetworking dengan router, melakukan pengamanan dengan pemakaian ACL. Melalui kegiatan laboratorium maha siswa akan mendapatkan pengetahuan lengkap dalam membangun jaringan enterprise kecil yang sesuai untuk kebutuhan Usaha Kecil dan Menengah
  • Praktikum Aplikasi Mikroprosesor dan Interfacing

    Mata praktikum Aplikasi Mikroprosesor dan Interfacing memuat berbagai aplikasi sederhana untuk antar muka mikroprosesor dengan berbagai peripheral melalui berbagai metode komunikasi. Mata praktikum ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.
  • Konsep Sistem Informasi

    Mata kuliah Konsep Sistem Informasi memuat konsep dasar yang memberikan gambaran mengenai hubungan sistem informasi dengan proses bisnis dalam suatu organisasi serta strategi pembuatan sistem informasi yang mendukung proses bisnis tersebut
  • Jaringan Komputer

    Mahasiswa akan dapat merancang, mengimplementasikan, melakukan maintenace jaringan korporat
  • Praktikum Jaringan Komputer

    Mahasiswa menerapkan pengetahuan teoritik mengenai jaringan komputer mulai dari Physical Layer dengan membuat kabel UTP, membangun LAN, melakukan internetworking dengan router, mengamankan jaringan dengan pemakaian Firewall. Melalui kegiatan laboratorium maha siswa akan mendapatkan pengetahuan lengkap dlama membangun jaringan enterprise kecil yang sesuai untuk kebutuhan Usaha Kecil dan Menengah
  • Network Management

    Mata kuliah ini membahas mengenai salah satu teknik manajemen jaringan yaitu manajemen jaringan komputer dengan menggunakan ketentuan yang dipakai untuk arsitektur TCP/IP. SNMP akan dibahas secara cukup mendalam setelah mahasiswa diberikan mengenai pandangan umum tentang peran manajemen jaringan dan ditutup dengan memperkenalkan secara sepintas mengenai manajemen jaringan telekomunikasi dan juga jaringan broadband.
  • Network Security

    Mata kuliah ini memberi pengertian tentang prinsip dan teknik pengamanan jaringan komputer, mempelajari konsep enkripsi dan dapat memilih teknik enkripsi yang sesuai dengan kebutuhan jaringan serta memperi pemahaman yang baik dalam melakukan pengawasan dan manajemen keamanan jaringan.
  • Jaringan Komputer

    Mahasiswa akan dapat merancang, mengimplementasikan, melakukan maintenace jaringan korporat
  • Teknologi Proses Manufaktur

    Mata kuliah Teknologi Proses Manufaktur memuat konsep dasar proses manufaktur, berbagai macam teknik pengolahan , penyambungan dan penyelesaian logam menjadi suatu produk industri serta dasar evaluasi dan analisis dalam proses permesinan
  • Perancangan Sistem Informasi

    Mata kuliah Perancangan Sistem Informasi ini, merupakan kelanjutan dari Analisis sistem informasi. Dengan mempelajari perancangan sistem informasi ini, maka mahasiswa akan menjadi biasa dalam melakukan analisis terhadap proses bisnis dan kebutuhan informasi perusahaan. Mata kuliah ini berisi langkah langkah dalam melakukan pembuatan Model dan arsitektur dari sistem informasi.
  • Pengantar Ekonomi

    Mata kuliah Ekonomi memuat konsep dasar ekonomi makro dan ekonomi mikro, memahami perilaku konsumen dan produsen (swasta), kebijakan pemerintah dibidang fiscal dan moneter, serta pembahasannya dengan system e-manajemen dan e-business.
  • Perancangan dan Tata Letak Fasilitas

    Mata Kuliah Perancangan dan Tata Letak Fasilitas memuat konsep dasar merancang suatu manufaktur lengkap dengan tata letak mesin produksi berikut aliran proses material handling dan fasilitas-fasilitas pendukungnya dari sudut pandang ukuran performansi yang lebih efisien
  • Praktikum Perancangan dan Tata Letak Fasilitas

    Matakuliah Praktikum Perancangan dan Tata Letak Fasilitas memuat tahapan-tahapan perancangan suatu manufaktur lengkap dengan tata letak mesin produksi berikut aliran proses material handling dan fasilitas-fasilitas pendukungnya dari sudut pandang ukuran performansi yang lebih efisien dan efektif.
  • Praktikum Perencanaan dan Pengendalian Produksi

    Mohon Diisi
  • Fisika I

    Mata kuliah Fisika 1 memuat konsep dasar mengenai: besaran dan satuan fisika, vektor dan operasi vektor, gerak satu dan dua dimensi, hukum-hukum newton, usaha dan energi serta kekekalan energi, sistem partikel, tumbukan, gerak rotasi, torsi dan momentum sudut serta kesetimbangan statik, medan gravitasi, fluida, osilasi, gelombang dan gelombang bunyi, temperatur dan panas, dan memberikan gambaran dalam penerapannya dibidang ilmu teknik khususnya teknik Industri.
  • Chinese Scientific Writing

    Mata kuliah ini merupakan pengenalan bagi mahasiswa terhadap metode-metode penelitian, khususnya penelitian kualitatif. Research Methods memperkenalkan dasar-dasar penelitian kualitatiif, tahapan-tahapan penelitian, dan teknik penelitian. Mata kuliah ini merupakan dasar pengenalan menuji penelitian. Mahasiswa akan mendapat gambaran secara umum apa itu penelitian kualitatif bagaimana melakukannya.
  • Bahasa China II

    Mata kuliah Bahasa Cina II memuat kosa kata yang tercemin pada teks dan pengembangan tata bahasa. Mata kuliah Bahasa Cina II akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa Jurusan Sastra Mandarin.
  • Bahasa China IV

    Bahasa China 4 merupakan lanjutan dari Bahasa China 3. Metode dan latihan yang digunakan hampir sama, namun perlu diperhatikan tingkat kesulitan dari Bahasa China 4 dalam kosakata harus ditingkatkan. variasi latihan perlu ditambah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa membedakan dan membandingkan kosakata yang bersinonim atau kosakata yang memiliki arti yang mirip, dan menggunakannya dengan tepat dalam kalimat dan dalam komunikasi.

BINUS EDUCATION