Open Courseware

Course List

  • Advertising

    Mata kuliah ini membahas aspek-aspek periklanan secara umum; mulai dari pemahaman elemen-elemen iklan, pemilihan kosa kata, gaya bahasa, format,; mengenal audiens, pelaku dan agen periklanan serta menunjukkan tehnik, metoda dan strategi membuat naska iklan
  • Bahasa Inggris I

    Mata Kuliah ini mengajarkan siswa non English Department dalam mengerjakan soal TOEFL terutama dalam bidang structure (grammar) dan Reading, termasuk teori, latihan dan tips dan tricks dalam mengerjakan soal-soal TOEFL paper based test.
  • Bahasa Inggris II

    Matakuliah ini memberikan bekal pengetahuan Bahasa Inggris secara terpadu kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai kemampuan untuk mengerjakan SOAL test TOEFL. Matakuliah ini merupakan matakuliah lanjutan setelah Bahasa Inggris I (G0582), jadi matakuliah ini mencakup topik-topik latihan TOEFL yang lebih sulit dibandingkan topik-topik latihan TOEFL dalam matakuliah Bahasa Inggris I (G0582).
  • Bahasa Inggris III

    Mata kuliah Bahasa Inggris III memuat materi TOEFL yang di fokuskan pada aspek Structure, Reading and Writing (teknik penulisan/ pengembangan paragraf dan essay). Selain itu, Mata kuliah kuliah ini juga mencakup materi Business English untuk memberi wawasan mahasiswa tentang penggunaan bahasa Inggris untuk keperluan Business. Mengingat matakuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Bahasa Inggris I dan II maka, materi dan latihan TOEFL yang diberikan lebih sulit dibandingkan dengan materi pada Bahasa Inggriss I dan II.
  • Tourism Marketing

    Mata kuliah Tourism Marketing memuat konsep dasar perencanaan pemasaran industri pariwisata dengan lebih dahulu memberikan pemahaman mengenai karakteristik marketing dalam industri jasa. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang bagaimana membuat rencana marketing dengan promotion mix sebagai fokusnya.
  • Penerapan Komputer

    Memberikan pandangan menyeluruh mengenai bagaimanakah komputer diciptakan, dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi, dan dampak yang terjadi pada masyarakat.
  • Teori Rangkaian Listrik

    Socratic: Teknik pengajaran TRL menerapkan sistem Socratic, dimana mahasiswa/i tidak lagi sebagai pendengar yang pasif, tetapi aktif, dengan menjawab pertanyaan di kelas. Database soal didapat dari internet. Kemudian peran pengajar adalah mengarahkan pencarian mahasiswa/i dalam menemukan solusi atas pertanyaan seputar TRL. Selain itu matakuliah ini memiliki tiga buku wajib yang terdapat di perpustakaan dan 1 buku wajib yang terdapat di Laboratorium Sistem Komputer. Dengan sistem Socratic ini mahasiswa/i diharuskan untuk mencari jawaban atas soal-soal yang diberikan, diluar waktu kelas. Sedangkan pada saat dikelas, pengajar akan mencek satu-persatu perkembangan dan kendala-kendala mahasiswa/i dalam menjawab soal-soal tersebut. Materi soal adalah materi pertemuan perkuliah.
  • Praktikum Elektronika Terpadu

    Mohon Diisi
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Bisnis Internasional

    Mata Kuliah ini memberikan latar belakang bisnis internasional; perbandingan lingkungan; teori dan institusi perdagangan dan investasi; strategi, struktur dan implementasi global; dan penanganan operasi internasional.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Strategi Bisnis

    Mata kuliah strategi bisnis adalah bagian dari manajemen strategi yang memuat konsep lanjutan dari penerapan strategi, dimana model pemecahan kasus bisnis pada level Multi National Company (MNC) merupakan porsi terbanyak dalam mata kuliah ini.
  • Riset Pemasaran

    Matakuliah riset pemasaran di desain untuk mempersiapkan mahasiswa melakukan proyek penelitian di bidang pemasaran baik untuk keperluan studi maupun pekerjaan
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).
  • Ekonomi Manajerial

    Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami masalah-masalah manajerial yang ditemukan dalam lingkungan pasar yang berbeda seperti monopoli, kompetisi monopolistik, dan kompetisi sempurna, serta menerapkan strategi-strategi pengambilan keputusan mulai dari strategi penetapan harga sampai dengan penetapan waktu dalam pengambilan keputusan yang akan mengubah lingkungan bisnis yang ada.
  • Manajemen Operasional

    Mata kuliah Manajemen Operasi membahas mengenai konsep dan strategi operasi serta berbagai keputusan penting dalam bidang operasi terkait dengan desain produk dan jasa, desain mutu, desain proses dan kapasitas, perencanaan lokasi, desain tata letak, manajemen rantai pasokan, system persediaan dan system penjadwalan.
  • Aplikasi dan Penerapan eBisnis

    Mata kuliah Aplikasi dan Penerapan E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh aplikasi e-Business yang kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat
  • Rekayasa Pondasi

    Mata kuliah akan mengajarkan mahasiswa tentang hal-hal yang berkenaan dengan pondasi mulai dari jenis-jenis pondasi, cara-cara perancangan sampai dengan pelaksanaan dan pengujian pondasi di lapangan serta hal-hal yang berkenaan dengan struktur turap. Perancangan akan mencakup perhitungan secara manual dan perhitungan menggunakan program komputer.
  • Matematika Bisnis

    Mata kuliah Matematika Bisnis membuat konsep dasar matematika untuk diterapkan di bidang ekonomi dan bisnis yang merupakan pendukung dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara kuantitatif dalam ekonomi dan bisnis, sehingga mata kuliah ini merupakan dasar bagi seseorang yang ingin menganalisis, merancang, dan membuat suatu keputusan untuk penyelesaian-penyelesaian kasus aplikasi ekonomi dan bisnis
  • Perencanaan Strategi Sistem Informasi

    Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami keterkaitan strategi bisnis dengan strategi system informasi. Selanjutnya mahasiswa akan mampu menciptakan strategi system informasi tingkat awal yang diperlukan suatu perusahaan atau organisasi agar dapat unggul berkompetisi serta mampu mengelola aplikasi yang harus ada pada perusahaan atau organisasi tsb.

BINUS EDUCATION