Open Courseware

Course List

  • Mekanika Tanah

    Mata kuliah ini menyajikan suatu pengantar ilmu geoteknik melalui dasar-dasar prinsip mekanika pada tanah, yang selanjutnya digunakan untuk perencanaan geoteknik. Dalam mata kuliah ini akan disajikan hal-hal penting terkait pemahaman mengenai tanah sebagai bagian dari material konstruksi, terkait dengan klasifikasinya (dengan metode AASTHO & USCS), pengaruh air dan pergerakannya terhadap tanah, metode dalam melakukan prediksi terhadap penurunan tanah, tegangan-regangan-kekuatan sebagai respon dari tanah, tekanan lateral, dan stabilitas lereng.
  • Mekanika Fluida dan Hidrolika

    Mata kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika memberi wawasan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa tentang pemahaman mengenai konsep dasar dan teori serta aplikasi dari Fluids Properties, Prinsip Hidrostatika, Hidrodinamika dan Hidrolika Saluran Terbuka, Air Tanah, dan Saluran Tertutup. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar sebelum melanjutkan kuliah Hidrologi, Irigasi, dan Drainase Perkotaan.
  • Mekanika Bahan

    Mata kuliah ini menyajikan suatu pengantar terhadap konsep mekanika dari material/bahan padat dengan aplikasi secara teknis terhadap perilaku material tersebut. Selanjutnya akan ditekankan beberapa hal yang penting menyangkut perilaku material, terkait dengan fungsinya dalam konstruksi, yaitu : (1) Deformasi/Perubahan bentuk dari struktur material (2) Gaya-gaya yang bekerja di dalam dan pada material, termasuk sifat-sifat mekanis dari material tersebut yang ditimbulkannya (3). Aspek fisis dan sifat dari sistem struktur/material yang dikaitkan dengan perhitungan gaya dan pergerakan/deformasi
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Grafik Komputer

    Grafika Komputer (computer graphics) adalah sebuah teknologi visualisasi berbasis komputer yang mampu menghasilkan gambar-gambar dengan persepsi 3D pada layar 2D. Dalam mata kuliah Grafika Komputer mahasiswa tidak hanya akan memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana prinsip-prinsip 3D graphics pipeline ini diimplementasikan tetapi lebih dari itu, dengan menggunakan bahasa C/C++ dan mesin grafik openGL, mahasiswa akan mendapatkan pula "hands-on experiences" dalam pemrograman grafik 2D/3D interaktif.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • Advanced Topics in Software Engineering

    Perkembangan rekayasa perangkat lunak saat ini menuntut kerjasama tim, kecepatan dan ketepatan pengembangan. Umumnya perangkat lunak banyak memiliki pola source code yang sama. Kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam suatu source code dapat membantu dalam menghasilkan aplikasi yang baik, membantu dalam mencapai kinerja perangkat lunak yang diinginkan, mempermudah perawatan perangkat lunak, men
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Sistem Informasi Geografi

    Sistem Informasi Geografis adalah sebuah sistem komputer yang dapat menyimpan dan menggunakan data yang menggambarkan lokasi - lokasi pada permukaan bumi (Rhind,1989). Sebuah Sistem Informasi Geografis adalah sekumpulan peralatan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil, mentransformasi dan menampilkan data spatial (keruangan) dari dunia nyata untuk tujuan tertentu (Burrough,1986). Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis ini memuat konsep dasar Sistem Informasi Geografis yang dilengkapi dengan pengenalan beberapa metode pengembangan sistem serta manajemen proyek yang sesuai, sehingga mahasiswa diharapkan dapat menerapkan metode pengembangan maupun manajemen proyek dalam memodelkan suatu kasus di dunia nyata ke dalam model SIG.
  • Praktikum Web Programming

    Mohon Diisi
  • Neuro Computing

    Mata kuliah Neuro Computing memberikan gambaran tentang fenomena baru dalam komputasi yang mencakup Pengenalan (karakteristik, sejarah perkembangan dan prospek), Dasar-dasar Neuro Computing, Model-model Neuro Computing, dan aplikasinya untuk berbagai pemecahan masalah.
  • Komputasi Desain Arsitektur II

    Mata kuliah Komputasi Desain Arsitektur II mempelajari mengenai komputer sebagai alat bantu dalam mewujudkan ide-ide perancangan dalam bentuk 3 dimensi. Mata kuliah ini mengeksplorasi dan mempraktikkan kelebihan dari pemakaian komputer untuk mengolah dan mewujudkan konsep-konsep abstrak Arsitektural ke dalam bentuk konkret 3 dimensi yang siap untuk dipresentasikan.
  • Pengantar Psikologi Sosial

    Mata kuliah pengantar psikologi sosial merupakan bagian dari mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa Universitas Bina Nusantara jurusan Psikologi. Ini penting untuk diajarkan agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum tentang obyek studi, ruang lingkup, metode, konsep-konsep dasar, prinsip-prinsip umum mengenai pengaruh sosial terhadap proses-proses individual dan proses-proses individual dalam kelompok sosial.
  • Psikologi Industri dan Organisasi 2

    Isi dari mata kuliah ini adalah mengajarkan cara melakukan diagnosis kinerja individu dan kelompok dengan menggunakan prinsip ilmu psikologi industri dan organisasi, khususnya ilmu Human Performance Technology. Di akhir perkuliahan diharapkan selain bisa mendiagnosis, mahasiswa juga tahu cara melakukan analisis dan memilih intervensi yang tepat untuk mengatasi masalah kinerja.
  • Scientific Writing II

    Mata kuliah ini membahas tentang tata cara dan aturan-aturan yang berlaku dalam penulisan karya ilmiah di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra Universitas Bina Nusantara. Dalam perkuliahan ini akan dibahas, bagaimana mengembangkan topik (yang sudah dibuat dalam Mata kuliah Scientific Writing I), menyusun perencanaan penelitian, pemilihan dan analisa penggunaan teori, menyeleksi resources secara ilmiah, mempresentasikan hasil penelitian secara lisan dengan menggunakan Power Point, dan mengevaluasi hasil penelitian secara profesional.
  • Dasar Telekomunikasi

    "Membahas prinsip dasar sistem telekomunikasi umum yaitu komunikasi suara seperti sinyal dan proses konversinya, teknik modulasi, teknik transmisi melalui kabel konvensional, gelombang elektromaknetik dan serat optik. Teknik switching sebagai tulang punggung sistem telekomunikasi dipaparkan secara singkat dengan aplikasinya pada sistem telepon tradisional maupun telepon seluler demikian pula komunikasi satelit seringkali merupakan pilihan yang harus diambil karena tidak tersedianya pilihan lain. Mata kuliah Dasar Telekomunikasi akan menjadi dasar yang kuat untuk mengerti jaringan komputer dan prasyarat bagi mahasiswa Jurusan Sistem Komputer yang mengambil peminatan Sistem Komunikasi.
  • Teknologi Beton

    Mata kuliah Teknologi Beton memuat konsep dasar dari perancangan adukan beton yang memberikan gambaran tentang prinsip persyaratan material, perencanaan dan proses pembuatan adukan beton dengan berdasarkan peraturan dan standar yang berlaku di Indonesia. Mata Kuliah Teknologi Beton ini akan menjadi fondasi dan prasayarat utama bagi mahasiswa Jurusan teknis Sipil yang nantinya akan terlibat dalam perencanaan dan pembangunan struktur beton.
  • Perancangan Struktur Baja Lanjut

    Matakuliah teori dan perancangan baja lanjut memuat konsep perhitungan rangka atap yang memberikan gambaran praktek perencanaan struktur baja dengan berdasarkan peraturan dan standard yang berlaku di Indonesia. Matakuliah teori dan perancangan struktur baja lanjut ini akan menjadi pondasi dan matakuliah pilihan yang diwajibkan bagi mahasiswa jurusan teknik sipil yang nantinya akan terlibat dalam pembangunan struktur baja.
  • Matematika Industri II

    Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar matematika yang dapat digunakan untuk mempelajari perkuliahan teknik industri, terdiri dari problem integral dan integral ganda, persamaan diferensial linier orde satu dan dua, persamaan diferensial eksak, persamaan diferensial homogen orde dua dan orde tinggi, matrik, invers matrik, dan determinan, vektor di R2 dan R3, berikut aplikasinya.

BINUS EDUCATION