Open Courseware

Course List

  • Bahasa Pemrograman Object Oriented

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Intelegensia Semu

    Mata kuliah Inteligensia Semu memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang teknik-teknik dasar AI serta penerapannya untuk memecahkan masalah.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar teknik kompilasi yang meliputi fungsi, tahapan kompilasi, lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, semantic analysis, intermediate code generator dan code generator. Disamping itu juga membahas berbagai tools yang digunakan untuk mengenerate compiler dan peranan compiler dalam dunia teknologi informasi
  • Sistem Operasi

    Mata kuliah ini membahas klasifikasi dan fungsi sistem operasi secara umum. Mengingat saat ini ada dua sistem operasi yang mendominasi komputer yaitu Unix dan Windows, maka orientasi mata kuliah ini hanya pada kedua sistem operasi tersebut.
  • Algoritma dan Pemrograman

    Matakuliah ini mempelajari bagaimana merumuskan, mengembangkan dan mengimplementasikan algoritma menggunakan bahasa C
  • Evaluasi dan Manajemen Proyek

    Mata kuliah evaluasi dan manajemen proyek ini memuat Evaluasi Proyek; Dasar-dasar pengertian evaluasi proyek, Investasi proyek, Konsep nilai waktu dari uang (Time value of money), Kriteria investasi, Harga bayangan, Indentifikasi dan monitoring proyek, Analisa resiko, ketidakpastian clan kepekaan, Manajemen Proyek; Konsep dan fungsi manajemen proyek, Manajemen kontrak Manajemen sumber daya manusia Manajemen material dan peralatan, Teknik clan metode perencanaan,Sistem informasi manajemen, ISO 9000, Metode konstruksi.
  • Hidrologi dan Sumberdaya Air

    Mata kuliah Hidrologi dan Sumberdaya Air memuat konsep dasar hidrologi dan sumberdaya air yang memberikan gambaran proyek-proyek hidrologi dan sumberdaya air dengan menggunakan siklus hidrologi, curah hujan dan pengukuranya, Infiltrasi dan evapotranspirasi, Evaporasi dan transpirasi, Sistem drainase perkotaan, Sistem aliran dalam pipa dan jaringannya, Sistem pompa, Aliran saluran terbuka, Pengukuran aliran, Analisis hidrograf, Hidrograf satuan, Penelusuran banjir, Aliran air tanah dan Jaringan aliran, Reservoar dan Dam, Tenaga Listrik dan Navigasi untuk dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan teknik sipil. Mata kuliah Hidrologi dan sumberdaya air ini akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa jurusan Teknik Sipil secara keseluruhan
  • Pemrograman Visual

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Interaksi Manusia dan Komputer

    Pada Mata Kuliah Ini Mahasiswa akan membahas factor-faktor manusia yang harus diperhatikan dalam merancang antarmuka; teori, prinsip, pedoman yang harus diperhatikan; bagaimana mengelola proses perancangan; bagaimana mengembangkan alternatif perancangan menu, formulir dan kotak dialog; bagaimana teknik mencari dan visualisasi informasi yang baik.
  • Struktur Data

    Matakuliah ini mempelajari beberapa data komposit seperti array, struct, dan linked-list serta implementasinya untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Matakuliah ini mempelajari berbagai abstract data type seperti stack, queue, tree, graph dan implementasinya yang digunakan dalam pemecahan masalah. Matakuliah ini mensyaratkan pembelajar telah mempelajari algoritma pemrograman (T0016)
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Grafik Komputer

    Mata kuliah Grafik Komputer memuat konsep dasar dari grafik komputer, pemrograman dengan instruksi primitif, pengisian dan klipping poligon, transformasi 2D dan 3D, UIMS, Teori warna dan animasi serta perkembangan mutakhir grafik komputer. Merupakan mata kuliah yang memiliki fondasi ilmu grafik komputer (sistem grafik opengl dan bahasa C++)
  • Metode Perancangan Program

    Mata kuliah Metode Perancangan Program memuat dua pendekatan untuk merancang suatu program, yaitu dengan pendekatan terstruktur dan pendekatan Object Oriented. Mata kuliah ini menjadi dasar untuk mata kuliah pemrograman lanjutan.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • OO Software Engineering

    Mata kuliah Object Oriented Software Engineering memuat konsep dasar rekayasa piranti lunak yang berorientasi object dengan menggunakan pemodelan visual UML dan Java. Mata kuliah ini akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang mengambil peminatan rekayasa piranti lunak.
  • Software Project Management

    Matakuliah ini menjelaskan konsep manajemen proyek piranti lunak, tahapan perencanaan proyek, alokasi sumberdaya proyek, jaminan kualitas piranti lunak, dan penggunaan perangkat bantu manajemen proyek.
  • Advanced Topics in Software Engineering

    Perkembangan rekayasa perangkat lunak saat ini menuntut kerjasama tim, kecepatan dan ketepatan pengembangan. Umumnya perangkat lunak banyak memiliki pola source code yang sama. Kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam suatu source code dapat membantu dalam menghasilkan aplikasi yang baik, membantu dalam mencapai kinerja perangkat lunak yang diinginkan, mempermudah perawatan perangkat lunak, men
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan tahapan teknik kompilasi yaitu lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, type checking, intermediate code generator, code optimization dan code generator. Disamping itu matakuliah ini juga memberikan gambaran untuk merancang compiler yang efektif dan tools untuk mengenerate compiler.

BINUS EDUCATION