Open Courseware

Course List

  • Matematika II

    Mata kuliah matematika II mencakup konsep dasar kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan merumuskannya dalam model matematik yang selanjutnya dipergunakan untuk memecahkan masalah ekonomi dan bisnis serta pengambilan keputusan.
  • Perilaku Organisasi

    Mahasiswa mampu memahami berbagai perilaku organisasi sehingga dapat menyesuaikan aktivitas karyawan dengan perubahan dan perkembangan organisasi.
  • Statistik Ekonomi

    Mata kuliah ini akan memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa tentang arti data dan statistik, bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah data dengan menggunakan berbagai metode statistik, menyajikan data dengan menggunakan tabel dan grafik serta menganalisis dan menarik kesimpulan terhadap populasi berdasarkan hasil penelitian secara sampel.
  • Metode Kuantitatif Bisnis

    Mata kuliah Metode Kuantitatif Bisnis memuat konsep dasar perhitungan secara matematika untuk memecahkan suatu masalah dalam pengambilan keputusan bisnis yang memberikan gambaran secara nyata tentang suatu masalah operasional dalam proses produksi, baik barang maupun jasa
  • Lab. Metode Kuantitatif Bisnis

    Mata kuliah Lab Metode Kuantitatif Bisnis merupakan aolikasi terhadap permasalahan bisnis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan oemanfaatan softwate atau aplikasi yang mampu memecahkan persoalan bisnis.
  • Metode Penelitian Bisnis

    Mata kuliah metode penelitian bisnis merupakan mata kuliah penting di jurusan manajemen, selain sebagai prasyarat mahasiswa yang akan mengambil skripsi, mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa dalam memahami pentingnya metodologi penelitian dalam bisnis. Tujuan Instruksional Umum dan Tujuan Instruksional Khusus yang disusun diarahkan pada kemampuan praktis mahasiswa dalam mempelajari poko
  • Akuntansi Dasar

    Mata kuliah akuntansi dasar memuat konsep dasar dan prinsip dasar akuntansi secara sistematis dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dalam dunia usaha
  • Akuntansi Biaya

    Mata kuliah ini dirancang dengan harapan mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman akan konsep biaya, sistem biaya, dan penghitungan harga pokok produksi barang dan jasa. Harapan utama setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengelola data keuangan menjadi informasi biaya. Akuntansi Dasar merupakan mata kuliah prasyarat.
  • Akuntansi Manajemen

    Mata kuliah ini dirancang dengan harapan mahasiswa mampu memiliki dan mengembangkan kemampuan analisis atas informasi akuntansi dan keuangan secara menyeruluruh (holistik dan komprehensif) Akuntansi Biaya dan Manajemen Keuangan adalah mata kuliah prasyarat bagi mahasiswa agar berhasil dalam mata kuliah ini. Mata kuliah lain yang mendukung adalah Manajemen Stratejik, Manajemen Pemasaran, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Strategi Bisnis

    Mata kuliah strategi bisnis adalah bagian dari manajemen strategi yang memuat konsep lanjutan dari penerapan strategi, dimana model pemecahan kasus bisnis pada level Multi National Company (MNC) merupakan porsi terbanyak dalam mata kuliah ini.
  • Riset Pemasaran

    Matakuliah riset pemasaran di desain untuk mempersiapkan mahasiswa melakukan proyek penelitian di bidang pemasaran baik untuk keperluan studi maupun pekerjaan
  • Algoritma dan Pemrograman

    Mata kuliah ini mempelajari bagaimana merumuskan, mengembangkan dan mengimplementasikan algoritma untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman C
  • Pemrograman Berorientasi Obyek

    Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek memuat konsep dasar Objek oriented programmming dengan menggunakan bahasa pemrograman C++
  • Statistika Ekonomi

    Mata kuliah statistika adalah cabang dari ilmu matematika terapan yang memuat konsep dasar dari kehidupan sehari-hari dan lingkungan disekitar kita yang tanpa disadari telah memakai statistik walaupun dalam bentuk sederhana, sedangkan didalam perkuliahan akan ditajamkan lagi dalam bentuk gambar, tabel, dan grafik, sehingga akan mengubah cara kerja manusia dari yang bersifat tradisional ke yang bersifat rasional ilmiah.
  • Entrepreneurship

    Mata kuliah entrepreneurship memuat konsep dasar entrepreneurship dan memberikan pemahaman bagaimana bidang entrepreneurship dapat dijadikan jalan hidup selain bekerja sebagai karyawan.
  • Business Plan

    Sebuah rencana diperlukan untuk apapun yang akan kita lakukan, termasuk apabila kita ingin membangun sebuah bisnis baru ataupun mengembangkan bisnis yang sudah ada. Oleh karena itu mahasiswa perlu mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik dalam membuat sebuah Business Plan. Selain itu kesempatan untuk membuat dan membandingkan data ataupun Business Plan yang ada akan memperkaya pengetahuan mahasiswa. Di akhir pembelajaran mahasiswa akan mampu membuat sebuah Business Plan yang baik.
  • Pengantar Bisnis

    Mata kuliah Pengantar Bisnis memuat konsep dasar Perencanaan dan Pengembangan Bisnis yang memberikan gambaran praktek bisnis meliputi memilih bentuk kepemilikan bisnis, memperhatikan faktor lingkungan industri, pengembangan sumber daya manusia, pengawasan produksi dan menjalankan strategi pemasaran yang tepat bagi suatu bisnis.
  • Manajemen Perbankan dan Asuransi

    Mata kuliah ini memberikan gambaran semua aspek manajemen pada industri perbankan seperti pendanaan, kredit, risk management serta pemasaran dan asuransi seperti insurable risk, asuransi jiwa, asuransi kerugian dan pengembangan produk asuransi; dimana kedua sektor ini merupakan urat nadi perekonomian nasional.

BINUS EDUCATION