Open Courseware

Course List

  • Studi Kasus dalam Teknik Sipil

    Mata kuliah Studi kasus dalam Teknik Sipil ini memuat hal - hal yang terkait dengan berbagai kasus yang dijumpai dalam proyek-proyek konstruksi , berikut langkah-langkah analisa penyelesaian yang dilakukan. Terdapat berbagai macam kasus dalam berbagai proyek yang akan ditelaah disini ,dengan memepertimabangkan aturan desain , kondisi lapangan , dan dampak lingkungan yang akan terjadi. Masaalh- masalah yang akan dibahas meliputi berbagai bidang yaitu proyek - proyek gedung bertingkat banyak, jembatan, jalan raya, transportasi, geoteknik, manajemen konstruksi, irigasi, drainase perkotaan dan lain sebagainya.
  • Pemrograman dan Rekayasa Struktur

    Mata kuliah ini mempelajari mengenai pemrograman komputer dalam analisa struktur untuk struktur rangka batang dan portal rangka bidang menggunakan metoda yang berorientsi komputer yaitu Metoda Kekakuan Langsung . Dalam kuliah ini akan dipelajari mengenai formulasi matriks kekakuan lokal, perakaitan matriks kekakuan struktur dan perhitungan gaya-gaya pada setiap batang struktur dan pembuatan subroutine-subroutine yang berkaitan dengan program analisis struktur.
  • Perancangan Struktur Beton Lanjut

    Mata kuliah Perancangan Struktur Beton Lanjut merupakan lanjutan dari Mata Kuliah Teori dan Perancangan Struktur Beton yang memuat konsep dasar dari perancangan struktur beton pratekan yang memberikan gambaran tentang prinsip dasar, tahapan konstrusi dan pembebaban, aspek perencanaan serta aplikasi dari sisitim pratekan dalam perencanaan balok sederhana dan balok menerus diatas banyak tumpuan. Mata Kuliah Perancangan Struktur Beton Lanjut ini akan memberikan pengeahuian tentang teknologi pratekan yang banyak digunakan dalam konsruksi teknik siapil bagi mahasiswa Jurusan teknis Sipil yang nantinya akan terlibat dalam perencanaan dan pembangunan struktur beton.
  • Perancangan Struktur Baja Lanjut

    Matakuliah teori dan perancangan baja lanjut memuat konsep perhitungan rangka atap yang memberikan gambaran praktek perencanaan struktur baja dengan berdasarkan peraturan dan standard yang berlaku di Indonesia. Matakuliah teori dan perancangan struktur baja lanjut ini akan menjadi pondasi dan matakuliah pilihan yang diwajibkan bagi mahasiswa jurusan teknik sipil yang nantinya akan terlibat dalam pembangunan struktur baja.
  • Pemrograman Visual

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Interaksi Manusia dan Komputer

    Pada Mata Kuliah Ini Mahasiswa akan membahas factor-faktor manusia yang harus diperhatikan dalam merancang antarmuka; teori, prinsip, pedoman yang harus diperhatikan; bagaimana mengelola proses perancangan; bagaimana mengembangkan alternatif perancangan menu, formulir dan kotak dialog; bagaimana teknik mencari dan visualisasi informasi yang baik.
  • Struktur Data

    Matakuliah ini mempelajari beberapa data komposit seperti array, struct, dan linked-list serta implementasinya untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Matakuliah ini mempelajari berbagai abstract data type seperti stack, queue, tree, graph dan implementasinya yang digunakan dalam pemecahan masalah. Matakuliah ini mensyaratkan pembelajar telah mempelajari algoritma pemrograman (T0016)
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Grafik Komputer

    Mata kuliah Grafik Komputer memuat konsep dasar dari grafik komputer, pemrograman dengan instruksi primitif, pengisian dan klipping poligon, transformasi 2D dan 3D, UIMS, Teori warna dan animasi serta perkembangan mutakhir grafik komputer. Merupakan mata kuliah yang memiliki fondasi ilmu grafik komputer (sistem grafik opengl dan bahasa C++)
  • Metode Perancangan Program

    Mata kuliah Metode Perancangan Program memuat dua pendekatan untuk merancang suatu program, yaitu dengan pendekatan terstruktur dan pendekatan Object Oriented. Mata kuliah ini menjadi dasar untuk mata kuliah pemrograman lanjutan.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • OO Software Engineering

    Mata kuliah Object Oriented Software Engineering memuat konsep dasar rekayasa piranti lunak yang berorientasi object dengan menggunakan pemodelan visual UML dan Java. Mata kuliah ini akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang mengambil peminatan rekayasa piranti lunak.
  • Software Project Management

    Matakuliah ini menjelaskan konsep manajemen proyek piranti lunak, tahapan perencanaan proyek, alokasi sumberdaya proyek, jaminan kualitas piranti lunak, dan penggunaan perangkat bantu manajemen proyek.
  • Advanced Topics in Software Engineering

    Perkembangan rekayasa perangkat lunak saat ini menuntut kerjasama tim, kecepatan dan ketepatan pengembangan. Umumnya perangkat lunak banyak memiliki pola source code yang sama. Kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam suatu source code dapat membantu dalam menghasilkan aplikasi yang baik, membantu dalam mencapai kinerja perangkat lunak yang diinginkan, mempermudah perawatan perangkat lunak, men
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan tahapan teknik kompilasi yaitu lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, type checking, intermediate code generator, code optimization dan code generator. Disamping itu matakuliah ini juga memberikan gambaran untuk merancang compiler yang efektif dan tools untuk mengenerate compiler.
  • Analisa dan Perancangan Sistem

    Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada suatu sistem, terlibat dalam manajemen proyek pengembangan sistem, menganalisis sistem, menggali persyaratan/kebutuhan sistem, melakukan pemodelan data dan proses, merancang arsitektur aplikasi, basis data, input dan output, serta implementasi rancangan sisem.
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Data Warehouse

    Mata kuliah Data Warehouse memuat konsep dasar dari teknik design data warehouse yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis design data warehouse dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

BINUS EDUCATION