Open Courseware

Course List

  • Intelegensia Semu

    Artificial Intelligence adalah bidang ilmu pengetahuan yang membuat bagaimana komputer (mesin) dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia. Contoh mesin cerdas Robot Ashimo sudah bisa melakukan pekerjaan dalam ranah kognitif seperti melakukan analisa dan evaluasi terhadap suatu persoalan, serta dalam ranah afektif Robot Ashimo bisa senyum, membungkukan badan menghormati tamu dsb. Mata kuliah kecerdasan buatan memberikan dasar-dasar tentang mesin cerdas (machine learning). Oleh karena itu materi kuliah akan mencakup : definisi permasalahan, teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan ketidak pastian. Pada tingkat lanjut akan membahas permainan game, perencanaan (planning), pemahaman (understanding), bahasa alami (natural language processing) dan pembelajaran (learning).
  • Computer Vision

    Mata kuliah Visi Komputer (Computer Vision) merupakan bidang ilmu yang melakukan studi bagaimana sistem komputer mampu mengenali pola atau obyek yang diamati melalui sistem sensor (kamera, dll). Bidang ilmu ini mengembangkan berbagai pendekatannya dengan cara mengkombinasikan teknik-teknik Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola/Obyek. Bersama bidang Intelijensia Semu (Artificial Intelligence), bidang Visi Komputer akan mampu menghasilkan sebuah Sistem Cerdas (Intelligent System).
  • Arsitektur dan Organisasi Komputer

    Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer yang akan digunakan untuk merancang, menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka mendapatkan kinerja sistem komputer yang tinggi.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk microcontroller 8051. Mata kuliah ini berfungsi sebagai pengenalan dan pendalaman kosep pemrograman dalam perangkat keras.
  • Applied Networking I

    Mohon Diisi
  • Applied Networking III

    Mohon Diisi
  • Current Popular IT I

    Matakuliah ini memberikan pemahaman pemograman interaktif aplikasi grafik dengan menggunakan OpenGL. Dengan menggunakan pemograman OpenGL diharapkan mahasiswa dapat mengembangkankan pemograman aplikasi grafik seperti pemodelan 3D dan animasi serta pemograman game.
  • Current Popular IT II

    Matakuliah ini bertujuan untuk menjelaskan kepada mahasiswa bagaimana mebangun dan mengembangkan aplikasi-aplikasi basisdata, mengelola basisdata dan bekerja dengan data secara interaktif dengan menggunakan SQL
  • Current Popular IT III

    Mata kuliah Sistem Fuzzy memuat konsep dasar dan fungsi serta aplikasi dari Sistem Fuzzy yang memberikan gambaran tentang bagaimana kita bisa bekerja dalam lingkungan Fuzzy
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Pada matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar dari pemrograman C++ , konsep algoritma pemrograman, konsep pemrograman dengan berbasiskan objek dengan lingkup fungsi friend, enkapsulasi, turunan dan berubah bentuk. dibahas juga program dengan I/O ke text file serta contoh aplikasi dan algoritma pengurutan data dan pencarian data.
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Pada matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar dari pemrograman C++ , konsep algoritma pemrograman, konsep pemrograman dengan berbasiskan objek dengan lingkup fungsi friend, enkapsulasi, turunan dan berubah bentuk. dibahas juga program dengan I/O ke text file serta contoh aplikasi dan algoritma pengurutan data dan pencarian data.
  • Bahasa Pemrograman Object Oriented

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Konsep Object Oriented

    Matakuliah Konsep Object Oriented memberikan dasar-dasar tentang object oriented,pemahaman tentang notasi-notasi UML, pemahaman tentang pendekatan yang ada dalam membangun sebuah sistem memberikan kemampuan dasar untuk mendisain sebuah sistem yang sederhana dengan notasi UML.
  • Struktur Data

    Matakuliah struktur data memberikan panduan dalam pengorganisasian data dengan mempertimbangkan pengalokasian waktu dan sumber daya yang tepat. Dengan didukung oleh pengetahuan algoritma & pemrograman dalam bahasa C yang baik, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai pengorganiasian data. Penekanan matakuliah ini adalah lebih kepada konsep pengorganisasian data dengan tetap mempertimbangkan implementasinya pada program aplikasi komputer
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Algoritma dan Pemrograman

    Matakuliah ini mempelajari bagaimana merumuskan, mengembangkan dan mengimplementasikan algoritma menggunakan bahasa C
  • Bahasa Pemrograman Visual

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual
  • Rekayasa Lingkungan

    Pengertian rekayasa lingkungan. Konsep ekologi dan sumber daya alam. Pengantar kimia dan mikrobiologi dalam rekayasa lingkungan. Faktor-faktor kualitas lingkungan. Pencemaran air. Kualitas dan Kebutuhan air. Rekayasa pengolahan air bersih. Mekanisme pencemaran air. Rekayasa pengolahan limbah. Limbah Bahan Berbahya dan Beracun. Pencemaran Udara. Pencemaran Bising. Sampah dan Manajemen Sampah. Masalah lingkungan dan Pembangunan. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
  • Rekayasa Sistem

    Profesional dalam bidang Teknik Sipil, baik yang bergerak di bidang perencanaan, perancangan maupun pelaksanaan konstruksi fisik, dituntut untuk dapat memecahkan masalah-masalah operasional maupun manajerial yang dihadapinya secara sistematis dan cost effective. Mata kuliah ini memberikan pengalaman akademis bagi mahasiswa dalam menghadapi masalah-masalah tersebut. Selain itu, mahasiswa mendapatkan pengenalan serta pemahaman tentang teknik-teknik dasar untuk merumuskan pendekatan yang sistematis untuk mencari solusi atas masalah-masalah tersebut melalui pendekatan yang sistematis
  • Dinamika Rekayasa

    Mata kuliah ini membahas respons struktur terhadap beban dinamis, dengan fokus akhir beban gempa. Manfaat yang diperoleh dari mata kuliah ini adalah penguasaan analisa struktur terhadap beban dinamis, khususnya beban gempa. Mengingat Indonesia adalah daerah dengan kegempaan tinggi, penguasaan ini bersifat penting dan tak dapat dihindari bagi sarjana teknik sipil. Pertemuan minggu / modul ke 1 s/d 8 akan membahas sistem berderajat kebebasan tunggal, pertemuan minggu / modul ke 9 s/d. 12 membahas sistem berderajat kebebasan banyak, dan pertemuan minggu / modul ke 13 membahas respon gempa dan perencanaan gedung bertingkat banyak. Pembahasan akan mencakup getaran bebas, getaran paksa, tanpa maupun dengan redaman, sistem elastik dan inelastik. Untuk perencanaan tahan gempa, code yang d

BINUS EDUCATION