Open Courseware

Course List

  • Manajemen Resiko Berkomputer

    Mata kuliah ini memberikan para mahasiswa pengetahuan, konsep-konsep serta keahlian analisis tentang resiko, ancaman, hazard, dan vulnerabilitas dari keamanan informasi organisasi sehubungan dengan aplikasi-aplikasi sistem komputer. Selain itu, Mata Kuliah ini juga memberikan suatu keahlian bagi mahasiswa bagaimana mengelola resiko yang mungkin terjadi sehubungan dengan akftifitas berkomputer dalam kehidupan sehari-hari.
  • Character Building IV

    Mata kuliah Character Building IV (CB IV) "Relasi dengan Dunia" merupakan tema keempat, sekaligus terakhir, dari empat tema mata kuliah Character Building, yang akan diajarkan kepada semua mahasiswa Universitas Bina Nusantara, dan merupakan bagian integral dari usaha mendorong tercapainya Binusian yang Smart and Good. CB IV akan mengantar mahasiswa pada kepemilikan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam memperlakukan lingkungan alam sekitarnya, mau memelihara dan melestarikannya; kritis dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar tetap bertindak sebagai pengendali yang penuh tanggung jawab dan bukan dikendalikan olehnya; mau bekerja atau melaksanakan profesinya sebagai seorang yang memiliki kemampuan teoretis dan keterampilan teknik yang memadai serta kepribadia
  • Algoritma dan Pemrograman Komputer

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam menggunakan atau memanfaatkan salah satu bahasa pemrograman yang telah ada untuk diaplikasikan dalam suatu aplikasi industri, agar mahasiswa mendapatkan wawasan dalam memanfaatkan teknologi informasi
  • Film China

    Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa akan perkembangan perfilman di China beserta karya-karya sutradara terkenal China, Zhang Yimou, yang memperhatikan segi keindahan dan keprofesionalitas pemainnya. Selain itu ada beberapa film yang menceritakan kejadian sejarah. Melalui film ini mahasiswa diharapkan lebih memahami sejarah China dan bisa meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara mahasiswa
  • Pasar Uang dan Pasar Modal

    Mata kuliah Pasar Uang dan Pasar Moda adalah tema lanjutan dari mata kuliah Pengantar Pasar Modal (F0322) dan Peraturan Pasar Modal (F0322) yang akan diajarkan kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi; dan merupakan bagian yang integral dari usaha mendorong pemahaman mahasiswa Akuntansi agar secara profesional mengerti tentang pasar uang dan pasar modal. Mata kuliah ini akan mengantar mahasiswa agar senantiasa berusaha mendalami fungsi, peserta, nilai tukar valuta asing dan jenis transaksi pada pasar uang; begitupun kelembagaan, proses emisi, instrument, strategi dan resiko investasi pada pasar modal. Harapan ini dicapai melalui pendalaman pokok-pokok bahasan utama, yaitu Pengertian Pasar Keuangan, Pasar Uang Domestik, Pasar Valuta Asing, Pengembangan dan Penggolongan In
  • Manajemen Jaringan

    Mata kuliah ini membahas mengenai manajemen jaringan dengan penekanan pada manajemen jaringan komputer dengan arsitektur TCP/IP. Protokol SNMP akan dibahas secara cukup mendalam setelah mahasiswa diberikan mengenai pandangan umum tentang peran manajemen jaringan. Mahasiswa juga diperkenalkan secara sepintas mengenai manajemen jaringan telekomunikasi serta jaringan pita lebar.
  • Teknik Simulasi

    Pemodelan suatu sistem yang kompleks banyak diperlukan dalam berbagai bidang, yang meliputi keteknikan, kesehatan, telekomunikasi dan ilmu transportasi. Kompleksitasnya suatu sistem yang nyata ini berakibat sulit/tidak dapat dievaluasi secara analitik, sehingga sistem seperti ini dikaji dengan cara simulasi. Perkembangan teknologi komputer dan bahasa simulasi yang semakin maju, memdorong teknik simulasi semakin banyak digunakan secara luas untuk berbagai bidang terapan yang telah disebutkan sebelumnya. Mata kuliah teknik simulasi memperkenalkan konsep-konsep permodelan sistem, pemrograman, dan analisis statistik, khususnya dalam bentuk simulasi kejadian diskret (discrete-event simulation)
  • Analisis Regresi

    Mata kuliah Analisis Regresi memberikan pengetahuan tentang pendugaan modeel regresi yang menyatakan hubungan suatu peubah tak bebas (dependent variable) dengan satu atau lebih peubah bebas (independent variable(s)). Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini harus telah mengambil mata kuliah Aljabar Linier (Matrik) dan Statistika Probabilitas.
  • Metodologi Penelitian

    Metodologi Penelitian membahas tentang konsep dasar penelitian, merumuskan masalah, menyusun teoritycal frame work, merumuskan hipotesa, menentukan metode sampling, menyusun instrumen penelitian, menentukan teknik pengumpulan data, menentukan teknik analisa data, dan menyusun proposal penelitian.
  • Model Linear

    Matakuliah Model Linear memberikan pengetahuan tentang analisis model linear sebagai landasan bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah Perancangan dan Analisis Percobaan dan Analisis Regresi. Mahasiswa yang mengambil matakuliah ini harus telah mengambil matakuliah Aljabar Linear (Matrik) dan Statistika Probabilitas.
  • Japanese Public Speaking (Nihongo no supi-chi no Shikata)

    Mata kuliah Public Speaking ini memuat konsep dasar dan praktek mengenai berbicara di depan umum dimulai dari prinsip dasarnya, persiapan isinya dan cara penyampaiannya sesuai dengan event eventnya.
  • Noryoku Shiken II

    Mata kuliah Noryoku Shiken adalah mata kuliah yang memperkenalkan contoh-contoh soal ujian kemampuan Bahasa Jepang level 2 baik soal kosakata, kanji, tata bahasa, menyimak, dan membaca.
  • Fisika Dasar

    Fisika Dasar merupakan dasar ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai basis untuk mempelajari bidang aplikasi lain dengan lebih mudah serta sangat membantu untuk memecahkan segala masalah dalam segala bidang khususnya disain dan rekayasa industri.
  • Kimia Dasar

    Mata kuliah kimia dasar meliputi materi konsep mol, persamaan reaksi, stoikiometri, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, redoks, polimer , korosi dan limbah ( pencemaran )
  • Perancangan Sistem Informasi

    Mata kuliah Perancangan Sistem Informasi ini, merupakan kelanjutan dari Analisis sistem informasi. Dengan mempelajari perancangan sistem informasi ini, maka mahasiswa akan menjadi biasa dalam melakukan analisis terhadap proses bisnis dan kebutuhan informasi perusahaan. Mata kuliah ini berisi langkah langkah dalam melakukan pembuatan Model dan arsitektur dari sistem informasi.
  • Bahasa China I

    Mata kuliah Nahasa China I memuat dasar pelafalan, tata bahasa dan penulisan Bahasa China. Mata kuliah Bahasa China I akan menjadi fondasi dan prasayarat bagi mahasiswa jurusan Sastra China
  • Bahasa China V

    Mata Kuliah Bahasa China V memuat pronounciation, pembahasan kosa kata, tata bahasa yang penting dalam suatu teks dan penggunaannya dalam kalimat serta penganalisaan fungsi suatu frase dalam kalimat. Dalam mata kuliah Bahasa China V, mahasiswa diharapkan dapat menunjukkan inti dari suatu teks atau bacaan yang ada dalam materi maupun teks atau bacaan yang mahasiswa dapatkan di luar teks atau bacaan materi kuliah.
  • Bahasa China Klasik

    Mata kuliah Bahasa China Klasik adalah mata kuliah yang memperkenalkan literature China secara garis besar, memuat pembahasan kosa kata, tata bahasa yang penting dalam suatu teks dan penggunaannya. Dalam mata kuliah Bahasa China Klasik , mahasiswa diharapkan dapat menunjukan inti dari suatu teks atau bacaan yang ada dalam materi maupun bacaan yang mahasiswa dapatkan di luar materi kuliah.
  • Membaca Koran China

    Mata Kuliah membaca koran China ini ditujukan untuk melatih mahasiswa untuk membaca teks dalam bahasa China dengan nada, pelafalan dan pengucapan yang benar. Berbagai teks yang disajikan di dalam buku teks diperkenalkan kepada mahasiswa dengan tujuan mahasiwa akan memiliki pemahaman mengenai China dan Indonesia terhadap berbagi subjek yang disajikan. Diharapkan melalui media membaca teks, mahasiswa selama satu semester ke depan akan mampu menganalisa dan memahami berbagai topik tentang China dan Indonesia yang akan ditunjang dengan kegiatan diskusi, tugas dan pekerjaan rumah.
  • Mendengar Dasar I

    Mendengar Dasar I adalah mata kuliah yang memuat konsep dasar mendengar dengan memaparkan percakapan Bahasa China dalam kehidupan sehari-hari . Mata kuliah Mendengar Dasar I akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa Jurusan Sastra China.

BINUS EDUCATION