Open Courseware

Course List

  • Metode Penelitian Bisnis

    Mata kuliah metode penelitian bisnis merupakan mata kuliah penting di jurusan manajemen, selain sebagai prasyarat mahasiswa yang akan mengambil skripsi, mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa dalam memahami pentingnya metodologi penelitian dalam bisnis. Tujuan Instruksional Umum dan Tujuan Instruksional Khusus yang disusun diarahkan pada kemampuan praktis mahasiswa dalam mempelajari poko
  • Akuntansi Dasar

    Mata kuliah akuntansi dasar memuat konsep dasar dan prinsip dasar akuntansi secara sistematis dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dalam dunia usaha
  • Akuntansi Biaya

    Mata kuliah ini dirancang dengan harapan mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman akan konsep biaya, sistem biaya, dan penghitungan harga pokok produksi barang dan jasa. Harapan utama setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengelola data keuangan menjadi informasi biaya. Akuntansi Dasar merupakan mata kuliah prasyarat.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI Mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi memperlihatkan bagaimana
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Perancangan Situs Web

    Mata kuliah ini membekali dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa untuk memahami situs web dan keterampilan untuk merancang situs web dasar yang dapat digunakan ketika terjun ke dunia bisnis.
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).
  • Ekonomi Manajerial

    Mata kuliah ekonomi manajerial memuat konsep dasar ekonomi mikro yang memberikan gambaran proses produksi, biaya dan permintaan akan proses produksi dengan dukungan alat ilmu ekonomi pengambilan keputusan dari sudut pandang manajemen. Mata kuliah ekonomi manajerial akan menjadi fondasi bagi para mahasiswa jurusan manajemen untuk belajar menyusun alternarif strategi pengambilan keputusan dengan dasar data-data serta informasi proses produksi suatu perusahaan di pasar bisnis.
  • Manajemen Operasional

    Mata kuliah Manajemen Operasi membahas mengenai konsep dan strategi operasi serta berbagai keputusan penting dalam bidang operasi terkait dengan desain produk dan jasa, desain mutu, desain proses dan kapasitas, perencanaan lokasi, desain tata letak, manajemen rantai pasokan, system persediaan dan system penjadwalan.
  • Manajemen Perubahan

    Setelah mempelajari Manajemen Perubahan, mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana suatu proses Manajemen Perubahan terjadi dan diterapkan pada suatu organisasi/institusi serta mampu membuat konsep rancangan manajemen perubahan yang baik.
  • Strategi Pemasaran

    Mata kuliah Strategi Pemasaran mempelajari konsep dasar strategi dibidang pemasaran dengan menganalisa peran strategi yang dilaksanakan dalam kegiatan persaingan bisnis, sebagai pemimpin pasar sampai ke perelung pasar, dalam kondisi product life cycle, termasuk program pengendalian.
  • Studi Kelayakan Bisnis

    Studi Kelayakan Bisnis adalah Penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (Proyek Investasi) dilaksanakan. Dalam mata kuliah ini pemodelan suatu proyek berbasis bisnis diharapkan dapat dihitung, dianalisa dan diterapkan ke dalam Bentuk yang sesuai dengan metode yang terkait, sehingga dapat diperoleh solusi untuk pengambilan keputusan. Pengetahuan ini merupakan mata kuliah di semester akhir juru
  • Pemasaran Internasional

    Mata kuliah Pemasaran Internasional memuat konsep dasar Pemasaran Internasional yang mencakup tinjauan konsepsual, lingkungan pemasaran global (ekonomi, sosial budaya, politik, hukum dan keuangan). membuat target pasar global, merumuskan strategi pemasaran global, menciptakan program-program pemasaran global dan mengendalikan program pemasaran global. Mata kuliah ini merupakan fondasi dan prasyar
  • Aplikasi dan Penerapan eBisnis

    Mata kuliah Aplikasi dan Penerapan E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh aplikasi e-Business yang kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat
  • Strategi dan Pemasaran eBisnis

    Mata kuliah Strategi dan Pemasaran E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan bisnis melalui Internet. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh strategi pemasaran melalui Internet yang kontekstual di dunia dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka m
  • Ekonomi

    Mata kuliah Ekonomi memuat konsep dasar ekonomi makro dan ekonomi mikro, memahami perilaku konsumen dan produsen (swasta), kebijakan pemerintah dibidang fiscal dan moneter, serta pembahasannya dengan system e-manajemen dan e-business.
  • Manajemen

    Mata kuliah ini memuat konsep-konsep tentang fungsi-fungsi manajemen yang meliputi pengelolaan lingkungan global, pengambilan keputusan, perencanaan, manajemen strategis, pengorganisasian, komunikasi, manajemen sumber daya manusia, mengelola perubahan, kelmpok dan tim, motivasi, kepemimpinan dan pengendalian,
  • Matematika Ekonomi

    Mata kuliah Matematika Ekonomi adalah satu ilmu pengetahuan terhimpun dalam kelompok mata kuliah kuantitatif yang berguna sebagai alat analisis terhadap persoalan yang muncul dalam ekonomi. Materi mata kuliah Matematika Ekonomi terdiri dari Pendahuluan, Pengertian Fungsi, Fungsi Liner, Fungsi Kuadrat, Fungsi Eksponensial dan Logaritma, Matriks, termasuk aplikasinya dalam kasus ekonomi dan bisnis.
  • Seminar Kewirausahaan

    Seminar Kewirausahaan adalah kelanjutan dari mata kuliah Entrepreneurship (Kewirausahaan), dimana mahasiswa mendiskusikan kasus-kasus bisnis nyata yang disajikan, sehingga setelah mengikuti kuliah ini dapat membuat solusi permasalahan suatu bisnis dengan baik.

BINUS EDUCATION