Open Courseware

Course List

  • Perancangan dan Analisis Algoritma

    Matakuliah ini menjelaskan mengenai konsep dasar perancangan dan analisis algoritma yang akan digunakan untuk menghitung komputasi waktu dan ruang serta kompleksitasnya dan dapat membandingkan metode-metode perancangan algoritma.
  • Pemrograman Berorientasi Obyek

    Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek memuat konsep dasar Objek oriented programmming dengan menggunakan bahasa pemrograman C++
  • Pemrograman Visual

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Grafik Komputer

    Mata kuliah Grafik Komputer memuat konsep dasar dari grafik komputer, pemrograman dengan instruksi primitif, pengisian dan klipping poligon, transformasi 2D dan 3D, UIMS, Teori warna dan animasi serta perkembangan mutakhir grafik komputer. Merupakan mata kuliah yang memiliki fondasi ilmu grafik komputer (sistem grafik opengl dan bahasa C++)
  • Struktur Data

    Matakuliah ini mempelajari beberapa data komposit seperti array, struct, dan linked-list serta implementasinya untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Matakuliah ini mempelajari berbagai abstract data type seperti stack, queue, tree, graph dan implementasinya yang digunakan dalam pemecahan masalah. Matakuliah ini mensyaratkan pembelajar telah mempelajari algoritma pemrograman (T0016)
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Software Project Management

    Matakuliah ini menjelaskan konsep manajemen proyek piranti lunak, tahapan perencanaan proyek, alokasi sumberdaya proyek, jaminan kualitas piranti lunak, dan penggunaan perangkat bantu manajemen proyek.
  • Advanced Topics in Software Engineering

    Perkembangan rekayasa perangkat lunak saat ini menuntut kerjasama tim, kecepatan dan ketepatan pengembangan. Umumnya perangkat lunak banyak memiliki pola source code yang sama. Kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam suatu source code dapat membantu dalam menghasilkan aplikasi yang baik, membantu dalam mencapai kinerja perangkat lunak yang diinginkan, mempermudah perawatan perangkat lunak, men
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Teknik Kompilasi

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan tahapan teknik kompilasi yaitu lexical analysis, syntax analysis, syntax directed translation, type checking, intermediate code generator, code optimization dan code generator. Disamping itu matakuliah ini juga memberikan gambaran untuk merancang compiler yang efektif dan tools untuk mengenerate compiler.
  • Analisa dan Perancangan Sistem

    Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada suatu sistem, terlibat dalam manajemen proyek pengembangan sistem, menganalisis sistem, menggali persyaratan/kebutuhan sistem, melakukan pemodelan data dan proses, merancang arsitektur aplikasi, basis data, input dan output, serta implementasi rancangan sisem.
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Web Database

    Mata kuliah Web Database memuat konsep dasar dari World Wide Web dan bagaimana Database dapat digabung serta mempertimbangkan kebutuhan desain dan penerapan yang harus dilakukan disaat membangun sistem Web Database
  • Data Warehouse

    Mata kuliah Data Warehouse memuat konsep dasar dari teknik design data warehouse yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis design data warehouse dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.
  • Intelegensia Semu

    Artificial Intelligence adalah bidang ilmu pengetahuan yang membuat bagaimana komputer (mesin) dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia. Contoh mesin cerdas Robot Ashimo sudah bisa melakukan pekerjaan dalam ranah kognitif seperti melakukan analisa dan evaluasi terhadap suatu persoalan, serta dalam ranah afektif Robot Ashimo bisa senyum, membungkukan badan menghormati tamu dsb. Mata kuliah kecerdasan buatan memberikan dasar-dasar tentang mesin cerdas (machine learning). Oleh karena itu materi kuliah akan mencakup : definisi permasalahan, teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan ketidak pastian. Pada tingkat lanjut akan membahas permainan game, perencanaan (planning), pemahaman (understanding), bahasa alami (natural language processing) dan pembelajaran (learning).
  • Sistem Pakar

    Mata kuliah Sistem Pakar memuat konsep dasar dan fungsi dari Sistem Pakar yang dapat memberikan gambaran tentang suatu sistem yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan konsultasi sehingga mendapatkan solusi dari suatu masalah sederhana.
  • Computer Vision

    Mata kuliah Visi Komputer (Computer Vision) merupakan bidang ilmu yang melakukan studi bagaimana sistem komputer mampu mengenali pola atau obyek yang diamati melalui sistem sensor (kamera, dll). Bidang ilmu ini mengembangkan berbagai pendekatannya dengan cara mengkombinasikan teknik-teknik Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola/Obyek. Bersama bidang Intelijensia Semu (Artificial Intelligence), bidang Visi Komputer akan mampu menghasilkan sebuah Sistem Cerdas (Intelligent System).
  • Neuro Computing

    Mata kuliah Neuro Computing memberikan gambaran tentang fenomena baru dalam komputasi yang mencakup Pengenalan (karakteristik, sejarah perkembangan dan prospek), Dasar-dasar Neuro Computing, Model-model Neuro Computing, dan aplikasinya untuk berbagai pemecahan masalah.
  • Sistem Operasi

    Mata kuliah ini membahas klasifikasi dan fungsi sistem operasi, serta manajemen proses, memori, file, dan input-output. Mengingat saat ini ada dua sistem operasi yang mendominasi komputer yaitu Unix dan Windows, maka orientasi mata kuliah ini hanya pada kedua sistem operasi tersebut.

BINUS EDUCATION