Open Courseware

Course List

  • Pemrograman Berorientasi Obyek

    Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek memuat konsep dasar Objek oriented programmming dengan menggunakan bahasa pemrograman C++
  • Sistem Operasi

    Mata kuliah ini membahas klasifikasi dan fungsi sistem operasi, serta manajemen proses, memori, file, dan input-output. Mengingat saat ini ada dua sistem operasi yang mendominasi komputer yaitu Unix dan Windows, maka orientasi mata kuliah ini hanya pada kedua sistem operasi tersebut.
  • Sistem Multimedia

    Mata kuliah Sistem Multimedia berisi tentang prinsip - prinsip dasar multimedia interaktif, komponen - komponen multimedia, authoring tools, proses desain dan produksi serta hal - hal termutakhir yang berkaitan dengan pengembangan dan teknologi multimedia.
  • Advanced Japanese II (Jokyu Nihongo II)

    Mata kuliah Jookyuu 2 memuat prinsip-prinsip kemahiran berbahasa Jepang tetap lanjut yang meliputi kemahiran berbicara, menulis, mendengar dan diskusi Menperdalam pengertian tentang Jepang melalui bahan pelajaran yang digunakan.
  • Analisa Teks II (Tekisuto no Bunseki II)

    Mata kuliah Teks Tertulis memuat prinsip-prinsip kemahiran berbahasa Jepang tahap menengah (Chuukyuu) yang meliputi kemahiran struktur, berbicara, menulis dan mendengar yang merupakan dasar kemahiran tahap lanjut (Jookyuu)
  • Filsafat Arsitektur

    Mata Kuliah ini melatih mahasiswa agar dapat memberikan pandangan kritis terhadap konsep arsitektur dari bangunan yang sudah ada dan juga merancang bangunan arsitektur yang lebih bermakna mendalam.
  • Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur

    Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menarik kesimpulan-kesimpulan dari informasi yang telah dianalisa dan disintesakan dan menyusun program dengan konsep perancangan yang sesuai dengan tujuan proyek.
  • Studio Perancangan Arsitektur I

    Mata Kuliah Studio Perancangn Arsitektur 1 melatih mahasiswa agar trampil merancangan bangunan sederhana seluar 50 m2 dengan mengadaptasi kaidah-kaidah estetika
  • Studio Perancangan Arsitektur III

    Mohon Diisi
  • Studio Perancangan Arsitektur V

    Mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur memuat pengetahuan serta prinsip-prinsip perancangan dan teknik mempresentasikan hasil rancangan suatu arsitektur bangunan atau fasilitas bangunan (sekelompok bangunan) beserta lingkungan sekitarnya (tapak)
  • Studio Perancangan Arsitektur VI

    Matakuliah Studio Perancangan Arsitektur 6 yang memberikan praktek perancangan karya arsitektur dengan menggunakan prinsip-prinsip perancangan arsitektur, dari proposal hingga rancangan karya arsitektur. Matakuliah Studio Perancangan Arsitektur akan menjadi dasar dan prasyarat bagi mahasiswa Jurusan Arsitektur yang akan mengambil tugas akhir.
  • Teknologi Bangunan I

    Mata kuliah Teknologi Bangunan mengajarkan konsep tentang prinsip-prinsip struktur bangunan sederhana berlantai satu, penerapan elemen bangunan secara detail dan komprehensip, sehingga rancangan bangunan yang dihasilkan memenuhi aspek efektifitas dan efisien serta menggunakan teknologi masa kini (up to date).
  • Teknologi Bangunan III

    Lanjutan matakuliah Teknologi Bahan yang menitik beratkan pada sistem bangunan dengan ketinggian menengah (sampai 8 lantai) melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk rancangan struktur, konfigurasi bangunan dan kaitannya dengan sistem utilitas dan prakiraan baiaya bangunan
  • Teknologi Bangunan V

    Mata kuliah ini diajukan untuk Mahasiswa Arsitektur semester 6. Mata kuliah ini mencakup System Struktur Bangunan Tinggi (Berlapis Banyak) antara 20 hingga 60 lantai/lapis. Mata kuliah ini mencakup pula materi; system struktur atas (upper structure), system struktur bawah (sub structure), basemen, pondasi, perilaku system struktur, system utilitas bangunan, penggunaan material (beton, baja, komposit, precast, prefab, prestressed) metode konstruksi, detail-detail kontruksi, tekno ekonomi.
  • Manajemen Proyek

    Mata Kuliah ini mengenalkan mahasiswa tentang manajemen proyek dan aplikasinya dalam bidang Arsitektur
  • Grafik Komputer

    Mata kuliah Grafik Komputer memuat prinsip-prinsip dasar grafik komputer dan penggunaan aplikasi Macromedia Flash serta beberapa aplikasi penunjang lainnya dalam membangun suatu multimedia interaktif yang digunakan untuk menampilkan karya arsitektur mahasiswa dalam bentuk presentasi digital melalui media CD interaktif maupun halaman web di internet.
  • Pengantar Real Estate

    Pengenalan konsep Real Estate dari aspek perencanaan, pemasaran, pembiyaan, hukum dan kaitannya dengan pengembangan perkotaan sebagai bekal mahasiswa dalam merancang karya arsitektur, baik yang berskala bangunan tunggal maupun berskala kota
  • Komputasi Desain Arsitektur I

    Mata kuliah Komputasi Desain Arsitektur I memuat tentang metode pembuatan desain arsitektur secara 2 dimensi dengan memanfaatkan dukungan teknologi komputer khususnya teknologi program Autocad 2D. Mata kuliah ini akan menjadi penunjang bagi mahasiswa jurusan arsitektur agar dapat dan mampu mengaplikasikan ide dan gagasannya ke dalam sebuah desain dengan menggunakan media elektronik secara 2 dimensi
  • Komputasi Desain Arsitektur III

    Sebuah Mata Kuliah yang akan mengajarkan mahasiswa untuk bisa membuat penyajian gambar (still image) dari karya Arsitektur dengan menggunakan software utama 3D Studio Max dan software pendukung Adobe Photoshop.
  • Sejarah Arsitektur I

    Pengenalan akan ciri-ciri khas dari bangunan tradisional di Indonesia dan konsep pembentukannya serta pengenalan akan pengaruh budaya luar ( India, Cina, Eropa ) terhadap karya-karya arsitektur Indonesia.

BINUS EDUCATION