Open Courseware

Course List

  • Manajemen Pemasaran

    Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu manajemen yang sangat membantu para pelaku bisnis dalam pengambilan keputusan terkait fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, menentukan pasar sasaran, merancang produk dan jasa serta bagaimana strategi pemasaran dalam memenangkan persaingan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

    Mata kuliah ini memuat konsep tentang MSDM secara keseluruhan yang meliputi fungsi-fungsi operasional MSDM seperti rekrutmen, pengembangan, integrasi, kompensasi, pemeliharaan, pelepasan dan audit SDM serta aplikasinya dalam bisnis perusahaan
  • Manajemen Strategik

    Mata kuliah Manajemen Strategi adalah kelanjutan dari Manajemen Umum dan Dasar-dasar Manajemen. Secara umum tujuan mata kuliah Manajemen Strategi agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami proses dan mampu menyusun Manajemen Strategi serta perusahaan, serta mampu menyusunnya untuk keberhasilan bisnis perusahaan melalui berbagai pendekatan analisis Manajemen Strategi.
  • Matematika I

    Mata kuliah Matematika I mamuat materi matematika ekonomi. Matematika ekonomi merupakan salah satu alat analisis terhadap gejala-gejala ekonomi dengan menggunakan pendekatan matematika Materi mata kuliah Matematika I terdiri dari Pendahuluan, Fungsi Linier, Fungsi Kuadrat, Fungsi Eksponensial dan Logaritma , Differensial fungsi sederhana, diferemsial fungsi majemuk dan Matriks. Pembahasan meliputi teori dan aplikasinya dalam ekonomi dan bisnis
  • Matematika II

    Mata kuliah matematika II mencakup konsep dasar kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan merumuskannya dalam model matematik yang selanjutnya dipergunakan untuk memecahkan masalah ekonomi dan bisnis serta pengambilan keputusan.
  • Statistik Ekonomi

    Mata kuliah ini memuat konsep dasar statistik yang memberikan gambaran tentang perhitungan parameter statistik untuk ukuran pemusatan, ukuran variasi serta penggunaan data statistik sebagai bahan untuk menganalisis suatu kegiatan yang bertujuan untuk membuat perbandingan dan peramalan dimasa yang akan datang. Mata kuliah ini juga membahas statistik inferensia yang menjelaskan bagaimana teknik-teknik statistik dapat digunakan dalam penarikan kesimpulan terhadap suatu populasi. Kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan sebagai masukan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam bisnis dan ekonomi
  • Lab. Metode Kuantitatif Bisnis

    Mata kuliah Lab Metode Kuantitatif Bisnis merupakan aolikasi terhadap permasalahan bisnis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan oemanfaatan softwate atau aplikasi yang mampu memecahkan persoalan bisnis.
  • Kalkulus III

    Mata kuliah K0074 Kalkulus III ini sebagai lanjutan dari Kalkulus II berisi topik-topik fungsi dua variabel atau lebih dan aplikasinya, kalkulus diferensial dan integral fungsi vektor dan aplikasinya, fungsi Gamma dan fungsi Beta dan aplikasinya, serta transformasi z dan inverse transformasi z.
  • Akuntansi Dasar

    Mata kuliah akuntansi dasar memuat konsep dasar dan prinsip dasar akuntansi secara sistematis dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dalam dunia usaha
  • Akuntansi Biaya

    Mata kuliah ini dirancang dengan harapan mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman akan konsep biaya, sistem biaya, dan penghitungan harga pokok produksi barang dan jasa. Harapan utama setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengelola data keuangan menjadi informasi biaya. Akuntansi Dasar merupakan mata kuliah prasyarat.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI Mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi memperlihatkan bagaimana
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Bisnis Internasional

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar bisnis internasional, meliputi teori, strategi dan aspek situasional baik secara historis maupun saat ini dan juga analisa kemungkinan yang akan terjadi.
  • Manajemen Jasa

    Mata kuliah Manajemen Jasa memberikan gambaran kerangka kerja bagi manajemen untuk pengembangan bisnis dan perancangan sistem jasa yang effektif dan bagaimana pengelolaannya. Membahas pengelolaan manajemen jasa al : hotel, restoran, angkutan dan jasa personal
  • Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen merupakan salah satu bagian dalam studi pemasaran untuk memahami konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dimana melibatkan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi serta perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup mereka.
  • Perancangan Situs Web

    Mata kuliah ini membekali dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa untuk memahami situs web dan keterampilan untuk merancang situs web dasar yang dapat digunakan ketika terjun ke dunia bisnis.
  • Strategi Bisnis

    Mata kuliah strategi bisnis adalah bagian dari manajemen strategi yang memuat konsep lanjutan dari penerapan strategi, dimana model pemecahan kasus bisnis pada level Multi National Company (MNC) merupakan porsi terbanyak dalam mata kuliah ini.
  • Riset Pemasaran

    Matakuliah riset pemasaran di desain untuk mempersiapkan mahasiswa melakukan proyek penelitian baik untuk keperluan studi ataupun pekerjaan
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).
  • Ekonomi Manajerial

    Mata kuliah ekonomi manajerial memuat konsep dasar ekonomi mikro yang memberikan gambaran proses produksi, biaya dan permintaan akan proses produksi dengan dukungan alat ilmu ekonomi pengambilan keputusan dari sudut pandang manajemen. Mata kuliah ekonomi manajerial akan menjadi fondasi bagi para mahasiswa jurusan manajemen untuk belajar menyusun alternarif strategi pengambilan keputusan dengan dasar data-data serta informasi proses produksi suatu perusahaan di pasar bisnis.

BINUS EDUCATION