Open Courseware

Course List

  • Arsitektur dan Organisasi Komputer

    Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer yang akan digunakan untuk merancang, menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka mendapatkan kinerja sistem komputer yang tinggi.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk prosesor 8088. Untuk mempelajari sistem komputer secara menyeluruh maka diperlukan pengetahuan, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mata kuliah ini adalah sebagai jembatan untuk mempelajari cara kerja perangkat keras dan lunak
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Pada matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar dari pemrograman C++ , konsep algoritma pemrograman, konsep pemrograman dengan berbasiskan objek dengan lingkup fungsi friend, enkapsulasi, turunan dan berubah bentuk. dibahas juga program dengan I/O ke text file serta contoh aplikasi dan algoritma pengurutan data dan pencarian data.
  • Bahasa Pemrograman Object Oriented

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk prosesor 8088. Untuk mempelajari sistem komputer secara menyeluruh maka diperlukan pengetahuan, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mata kuliah ini adalah sebagai jembatan untuk mempelajari cara kerja perangkat keras dan lunak.
  • Konsep Object Oriented

    Matakuliah Konsep Object Oriented memberikan dasar-dasar tentang object oriented,pemahaman tentang notasi-notasi UML, pemahaman tentang pendekatan yang ada dalam membangun sebuah sistem memberikan kemampuan dasar untuk mendisain sebuah sistem yang sederhana dengan notasi UML.
  • Struktur Data

    Matakuliah struktur data memberikan panduan dalam pengorganisasian data dengan mempertimbangkan pengalokasian waktu dan sumber daya yang tepat. Dengan didukung oleh pengetahuan algoritma & pemrograman dalam bahasa C yang baik, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai pengorganiasian data. Penekanan matakuliah ini adalah lebih kepada konsep pengorganisasian data dengan tetap mempertimbangkan implementasinya pada program aplikasi komputer
  • Sistem Multimedia

    Mata kuliah Sistem Multimedia berisi tentang prinsip - prinsip dasar multimedia interaktif, komponen - komponen multimedia, authoring tools, proses desain dan produksi serta hal - hal termutakhir yang berkaitan dengan pengembangan dan teknologi multimedia.
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Interaksi Manusia dan Komputer

    Mahasiswa akan mempelajari faktor-faktor manusia yang harus diperhatikan dalam merancang antarmuka; teori, prinsip, pedoman yang harus diperhatikan; bagaimana mengelola proses perancangan; bagaimana merancang menu, formulir dan kotak dialog; bagaimana teknik mencari dan visualisasi informasi yang baik serta bagaimana menilai dan menguji usability terhadap sistem Komputer interaktif
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang meliputi perkembangan software, perkembangan hardware dan perkembangan brainware terkini, yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI. Merupakan mata kuliah yang paling dasar bagi mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang IT yang dapat diterapkan di masa depan.
  • Bahasa Pemrograman Visual

    Mata kuliah Pemrograman Visual memuat konsep dasar dari teknik pemrograman yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang kemampuang dan teknis bahasa visual dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan bahasa pemrograman visual
  • Current Popular IT IV

    Mahasiswa akan dapat mengenal berbagai NOS yang umum digunakan dan menerapkannya pada jaringan lokal baik untuk mengelola user administration sebagai file server maupun sebagai gateway/cache server/firewall.
  • Sistem Basis Data

    Matakuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan terminologi di dalam sistem basisdata mulai dari arsitektur basisdata, model relasional, SQL, perancangan basisdata, serta isu-isu terkini di dalam teknologi basisdata.
  • Praktikum Bahasa Rakitan

    Mohon Diisi
  • Perancangan Database

    The course introduces to the concepts and methodologies of the database design.
  • Algoritma dan Pemrograman

    Matakuliah Algoritma dan Pemrograman memberikan dasar bagi matakuliah sain komputer seperti Struktur Data, Perancangan dan Analisis Algoritma, Tata Bahasa dan Automata, Teknik Kompilasi. Matakuliah ini mempelajari bagaimana menulis algoritma sederhana seperti penggunaan akumulator untuk menghitung running total, menukar dua peubah, menggunakan perulangan untuk menghitung faktorial, membalik elemen-elemen array, menemukan nilai terkecil atau terbesar elemen-elemen array, pencarian dan pengurutan. Matakuliah ini juga mempelajari bagaimana mengimplementasikan algoritma menggunakan Bahasa C.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI. Merupakan mata kuliah yang paling dasar bagi mahasiswa agar memiliki
  • Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan Indonesia II

    Mata kuliah Sejarah Seni Rupa dan Kesenian Indonesia II memberikan gambaran tentang perkembangan kesenian dan kebudayaan Indonesia sejak zaman kolonial Hindia Belanda sampai dengan masa kini (Seni Rupa Baru). Mata kuliah ini akan menjadi fondasi bagi para mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual untuk dapat memahami dan mempraktekkan pengaruh budaya dan "local content" dalam implementasinya pada disiplin desain grafis dari sudut pandang yang lebih global, cultural dan histories.
  • Sejarah Desain Komunikasi Visual I

    Mata kuliah Sejarah Desain Grafis I memberikan gambaran dan penjelasan tentang perkembangan komunikasi visual dari era Pramodern (15.000 SM) sampai Revolusi Industri (abad 19). Mata kuliah ini akan menjadi fondasi bagi mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual untuk memahami dan mempraktekkan disiplin desain grafis dari sudut pandang yang lebih historis, kultural dan global

BINUS EDUCATION