Open Courseware » Pengantar Akuntansi II

Pengantar Akuntansi II

SAP / MP

Code: MPF00245-011
Revision Date: 01/02/2006
Revision: 1

Description

Pengantar Akuntansi II merupakan mata kuliah yang mengantar mahasiswa untuk dapat mengikuti mata kuliah akuntansi yang lebih lanjut. Mata kuliah ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan mata kuliah Pengantar Akuntansi I, yang mempelajari konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip yang melatarbelakangi atau menjadi basis dan pijakkan dasar dalam proses akuntansi double entry. Materi Pengantar Akuntansi II meliputi: kewajiban lancar dan akuntansi untuk gaji dan upah, Prinsip-prinsip dasar akuntansi, Akuntansi untuk Parnership (persekutuan), Perseroan Terbatas (Korporasi) yang terdiri atas Organisasi dan transaksi saham modal serta berkenaan dengan deviden, Laba ditahan serta pelaporan laba, Kewajiban Jangka panjang, Investasi, Laporan Arus Kas, serta Analisis Laporan Keuangan.

Objectives

  • Mahasiswa akan dapat menerangkan tentang perbedaan pelaporan keuangan berdasarkan jenis badan hukum perusahaan.
  • Mahasiswa akan dapat menggunakan data dari pelaporan keuangan dalam rangka memberikan analisis sederhana terhadap Laporan Keuangan suatu perusahaan.
  • Mahasiswa akan dapat menghasilkan catatan akuntansi hingga penyusunan Laporan Keuangan yang disyaratkan dalam SAK
  • Mahasiswa akan dapat menghitung dan melakukan pencatatan berkenaan dengan Capital Stock Transaction, Dividends, Treasury Stock and Retained Earning, dan Income Reporting.
  • Mahasiswa akan dapat merumuskan dan menerapkan langkah-langkah dalam per-akuntansi-an sesuai dengan beberapa metode dan sistem yang diperkenankan SAK berkenaan dengan materi yang menjadi pokok bahasan Pengantar Akuntansi 2.
    • Table Pokok Bahasan

      BINUS EDUCATION