Open Courseware

Course List

  • Teori Sistem

    Teori Sistem mempelajari dasar-dasar permodelan serta memodelkan suatu persoalan yang bersifat fisis ke dalam model matematik dan menuangkannya ke dalam bentuk grafik dengan batuan program MATLAB. Disamping itu pula, hasil permodelannya dianalisa terhadap kehandalan, keinieran dan kelemahannya secara keseluruhan.
  • Elektronika Terpadu

    Mata kuliah ini membahas karakteristik, cara kerja dan aplikasi dari rangkaian Op-Amp untuk dapat mendesain suatu rangkaian elektronik dengan berbagai macam fungsi.
  • Sistem Digital

    Mata kuliah Sistem Digital memberikan konsep dasar pengetahuan secara teoritis dan praktis tentang bilangan biner, aljabar Boolean, rangkaian kombinasional, rangkaian sekuensial asinkron,dan rangkaian sekuensial sinkron dalam membentuk suatu system digital dengan mempergunakan berbagai komponen digital.
  • Praktikum Sistem Digital

    Mohon Diisi
  • Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi

    Mata kuliah Pemrograman Bahasa Tingkat tinggi bertujuan memberikan dasar bagi mahasiswa mengenai tahap-tahap perancangan software secara sistematis (software engineering) dengan "Studi Kasus" yang lebih menekankan pada fungsi komputer untuk mengkontrol komponen-komponen elektronika sederhana, sehingga dapat menjadi dasar pengetahuan dalam membangun sistem kontrol pada dunia nyata.
  • Sistem eBisnis

    Mata kuliah Sistem e-Bisnis ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg pemanfaatan Teknologi Informasi dlm menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dpt memahami & menjelaskan bbrp contoh aplikasi dasar e-Business & strategi dasar pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mahasiswa akan dpt menyusun & mengevaluasi beberapa contoh mendasar tentang strategi & solusi e-Business serta strategi pemasaran melalui Internet (e-Marketing) yg dpt diterapkan pada jenis usaha/institusi bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman.
  • Bisnis Internasional

    Mata Kuliah ini memberikan latar belakang bisnis internasional; perbandingan lingkungan; teori dan institusi perdagangan dan investasi; strategi, struktur dan implementasi global; dan penanganan operasi internasional.
  • Kewirausahaan

    Mata kuliah kewirausahaan memuat konsep dasar kewirausahaan dan proses kewirausahaan serta konsep dasar kepemilikan usaha, agar mahasiswa dapat menentukan keputusannya sebagai wirausahawan. Mata kuliah kewirausahaan menjadi fondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa jurusan manajemen yang mengambil peminatan kewirausahaan.
  • Manajemen eCorporation

    Mata kuliah manajemen e-corporation ini memperkenalkan mahasiswa/siswi pada suatu bentuk organisasi bisnis yang sangat menggantungkan proses bisnisnya pada sistem informasi yang dimilikinya (E-Corporation). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menentukan model bisnis suatu perusahaan untuk mendukung penerapan E-corporation dan juga akan diperlihatkan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola dan mengendalikan sistem informasinya, mahasiswa juga akan diperlihatkan berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk menanggulangi permasalahan ini dan akhirnya mahasiswa dapat mengukur sejauh mana tingkat implementasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan (tingkat E-Corporation).
  • Ekonomi Manajerial

    Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami masalah-masalah manajerial yang ditemukan dalam lingkungan pasar yang berbeda seperti monopoli, kompetisi monopolistik, dan kompetisi sempurna, serta menerapkan strategi-strategi pengambilan keputusan mulai dari strategi penetapan harga sampai dengan penetapan waktu dalam pengambilan keputusan yang akan mengubah lingkungan bisnis yang ada.
  • Manajemen Operasional

    Mata kuliah Manajemen Operasi membahas mengenai konsep dan strategi operasi serta berbagai keputusan penting dalam bidang operasi terkait dengan desain produk dan jasa, desain mutu, desain proses dan kapasitas, perencanaan lokasi, desain tata letak, manajemen rantai pasokan, system persediaan dan system penjadwalan.
  • Sistem Informasi Manajemen

    Mata kuliah SIM ini memuat dasar-dasar & pengertian fundamental yg komprehensif ttg manajemen pemanfaatan sistem informasi dlm rangka menghasilkan sebuah entitas bisnis yg kompetitif, peningkatan nilai bisnis, serta memberikan produk & jasa yang diharapkan masyarakat. Mhs akan dpt menjelaskan beberapa contoh aplikasi & strategi dasar sistem informasi yg kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dgn memiliki pemahaman konseptual yg memadai, maka mhs akan dpt menyusun & mengevaluasi bbrp contoh mendasar ttg strategi & solusi sistem informasi yg dpt diterapkan pd jenis usaha/entitas bisnis tertentu. Dgn mengkombinasikan media belajar berupa buku wajib berbahasa Inggris, Internet dan CD-ROM, maka mhs akan mendapatkan nilai tambah utk meningkatkan kemampuan pemahaman & daya saing.
  • Studi Kelayakan Bisnis

    Studi Kelayakan Bisnis adalah Penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (Proyek Investasi) dilaksanakan. Dalam mata kuliah ini pemodelan suatu proyek berbasis bisnis diharapkan dapat dihitung, dianalisa dan diterapkan ke dalam Bentuk yang sesuai dengan metode yang terkait, sehingga dapat diperoleh solusi untuk pengambilan keputusan. Pengetahuan ini merupakan mata kuliah di semester akhir jurusan manajemen.
  • Pemasaran Internasional

    Mata kuliah Pemasaran Internasional memuat konsep dasar Pemasaran Internasional yang mencakup tinjauan konsepsual, lingkungan pemasaran global (ekonomi, sosial budaya, politik, hukum dan keuangan). membuat target pasar global, merumuskan strategi pemasaran global, menciptakan program-program pemasaran global dan mengendalikan program pemasaran global. Mata kuliah ini merupakan fondasi dan prasyar
  • Aplikasi dan Penerapan eBisnis

    Mata kuliah Aplikasi dan Penerapan E-Bisnis ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnis. Mahasiswa akan dapat memahami dan menjelaskan beberapa contoh aplikasi e-Business yang kontekstual di dunia kerja dewasa ini. Selain itu, dengan memiliki pemahaman konseptual yang memadai, maka mahasiswa akan dapat
  • Strategi Pemasaran

    Mata kuliah Strategi Pemasaran mempelajari konsep dasar strategi dibidang pemasaran dengan menganalisa peran strategi yang dilaksanakan dalam kegiatan persaingan bisnis, sebagai pemimpin pasar sampai ke perelung pasar, dalam kondisi product life cycle, termasuk program pengendalian.
  • Matematika Bisnis

    Mata kuliah Matematika Bisnis membuat konsep dasar matematika untuk diterapkan di bidang ekonomi dan bisnis yang merupakan pendukung dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara kuantitatif dalam ekonomi dan bisnis, sehingga mata kuliah ini merupakan dasar bagi seseorang yang ingin menganalisis, merancang, dan membuat suatu keputusan untuk penyelesaian-penyelesaian kasus aplikasi ekonomi dan bisnis
  • Perencanaan Strategi Sistem Informasi

    Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami keterkaitan strategi bisnis dengan strategi system informasi. Selanjutnya mahasiswa akan mampu menciptakan strategi system informasi tingkat awal yang diperlukan suatu perusahaan atau organisasi agar dapat unggul berkompetisi serta mampu mengelola aplikasi yang harus ada pada perusahaan atau organisasi tsb.
  • Komputer Jepang I (Nihon no Kompyuta I)

    Mata kuliah Komputer memperlengkapi kemampuan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja khususnya di perusahaan Jepang
  • Analisa Teks II (Tekisuto no Bunseki II)

    Mata kuliah Teks Tertulis memuat prinsip-prinsip kemahiran berbahasa Jepang tahap menengah (Chuukyuu) yang meliputi kemahiran struktur, berbicara, menulis dan mendengar yang merupakan dasar kemahiran tahap lanjut (Jookyuu)

BINUS EDUCATION