Open Courseware

Course List

  • Teknik Komunikasi Arsitektur

    Kemampuan dalam mewujudkan ide atau gagasan dalam gambar dua atau tiga dimensi, merupakan kemampuan standard yang harus dimiliki oleh seorang arsitek di dalam menjalankan profesi pekerjaannya. Dengan demikian, keterampilan penyajian gambar arsitektur secara manual maupun dengan alat bantu visual, mutlak diperlukan oleh seorang arsitekur, sehingga seorang atau instansi yang menjadi partner bisnisnya akan mengerti, memahami dan akhirnya memutuskan untuk "membeli" ide atau gagasannya.
  • Intelegensia Semu

    Artificial Intelligence adalah bidang ilmu pengetahuan yang membuat bagaimana komputer (mesin) dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia. Contoh mesin cerdas Robot Ashimo sudah bisa melakukan pekerjaan dalam ranah kognitif seperti melakukan analisa dan evaluasi terhadap suatu persoalan, serta dalam ranah afektif Robot Ashimo bisa senyum, membungkukan badan menghormati tamu dsb. Mata kuliah kecerdasan buatan memberikan dasar-dasar tentang mesin cerdas (machine learning). Oleh karena itu materi kuliah akan mencakup : definisi permasalahan, teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan ketidak pastian. Pada tingkat lanjut akan membahas permainan game, perencanaan (planning), pemahaman (understanding), bahasa alami (natural language processing) dan pembelajaran (learning).
  • Computer Vision

    Mata kuliah Visi Komputer (Computer Vision) merupakan bidang ilmu yang melakukan studi bagaimana sistem komputer mampu mengenali pola atau obyek yang diamati melalui sistem sensor (kamera, dll). Bidang ilmu ini mengembangkan berbagai pendekatannya dengan cara mengkombinasikan teknik-teknik Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola/Obyek. Bersama bidang Intelijensia Semu (Artificial Intelligence), bidang Visi Komputer akan mampu menghasilkan sebuah Sistem Cerdas (Intelligent System).
  • Sistem Operasi

    Mata kuliah ini membahas klasifikasi dan fungsi sistem operasi, serta manajemen proses, memori, file, dan input-output. Mengingat saat ini ada dua sistem operasi yang mendominasi komputer yaitu Unix dan Windows, maka orientasi mata kuliah ini hanya pada kedua sistem operasi tersebut.
  • Arsitektur dan Organisasi Komputer

    Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer yang akan digunakan untuk merancang, menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka mendapatkan kinerja sistem komputer yang tinggi.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk prosesor 8088. Untuk mempelajari sistem komputer secara menyeluruh maka diperlukan pengetahuan, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mata kuliah ini adalah sebagai jembatan untuk mempelajari cara kerja perangkat keras dan lunak.
  • Applied Networking I

    Applied Networking 1 merupakan materi CCNA 1 yang memberikan pengertian kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar jaringan. Matakuliah ini difokuskan pada networking terminology dan protocols, local area networks (LAN), wide area networks (WAN), Open System Interconnection (OSI) models, cabling, cabling tools, routers, router configuration, Ethernet, Internet Protocol (IP) addressing, dan network standards.
  • Applied Networking III

    Applied Networking 3 merupakan penggabungan kurikulum CCNA 3 dan 4. Matakuliah ini difokuskan pada pemahaman mengenai VLSM, Advanced routing protokol seperti OSPF (Single Area) dan EIGRP, Switch configuration, VLAN, STP dan VTP. Untuk CCNA 4 matakuliah ini membahas mengenai Advanced IP addressing techniques yaitu NAT, PAT dan DHCP, WAN technology dan terminology, PPP, ISDN dan Frame Relay, dan terakhir membahas mengenai network management.
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Pada matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar dari pemrograman C++ , konsep algoritma pemrograman, konsep pemrograman dengan berbasiskan objek dengan lingkup fungsi friend, enkapsulasi, turunan dan berubah bentuk. dibahas juga program dengan I/O ke text file serta contoh aplikasi dan algoritma pengurutan data dan pencarian data.
  • Algoritma dan Metode Object Oriented Programming

    Pada matakuliah ini akan membahas tentang konsep dasar dari pemrograman C++ , konsep algoritma pemrograman, konsep pemrograman dengan berbasiskan objek dengan lingkup fungsi friend, enkapsulasi, turunan dan berubah bentuk. dibahas juga program dengan I/O ke text file serta contoh aplikasi dan algoritma pengurutan data dan pencarian data.
  • Bahasa Rakitan

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai instruksi-instruksi dan struktur bahasa rakitan untuk prosesor 8088. Untuk mempelajari sistem komputer secara menyeluruh maka diperlukan pengetahuan, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mata kuliah ini adalah sebagai jembatan untuk mempelajari cara kerja perangkat keras dan lunak.
  • Konsep Object Oriented

    Matakuliah Konsep Object Oriented memberikan dasar-dasar tentang object oriented,pemahaman tentang notasi-notasi UML, pemahaman tentang pendekatan yang ada dalam membangun sebuah sistem memberikan kemampuan dasar untuk mendisain sebuah sistem yang sederhana dengan notasi UML.
  • Pengantar Teknologi Informasi

    Mata kuliah Pengantar Teknolog Informasi memuat konsep dasar dari teknologi informasi yang dapat memberikan gambaran secara umum tentang pertumbuhan dan perkembangan TI dalam kehidupan sehari hari dan pemanfaatkannya untuk meningkatkan atau memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat diselesaikan dengan TI Mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi memperlihatkan bagaimana
  • Menulis dan Membaca III (Kakikata to Yomikata III)

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang cara menulis Kanji dan bacaan yang terdapat dalam Minnano Nihongo Shokkyuu 1
  • Masyarakat dan Kebudayaan Jepang (Nihon Shakai to Nihon Bunka)

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang masyarakat dan kebudayaan Jepang dengan penekanan pada pranata dan struktur sosial serta pola-pola kebudayaan Jepang yang berlaku baik pada masa lampau maupun dewasa ini
  • Images of Japan (Nihon JiJou)

    Mata kuliah ini memuat letak geografis Jepang, dan keadaan alam yang mempengaruhi perkembangan masyarakat, budaya dan kesenian Jepang. Dengan memahami budaya mereka, maka diharapkan pemelajar Bahasa Jepang akan memahami keunikan Bahasa Jepang yang merupakan unsur dari budaya dan masyarakatnya.
  • Japanese Thought (Nihonjin no Mikata)

    Mata kuliah ini memuat memuat mengenai berbagai macam hal yang berhubungan dengan pemikiran yang berkembang di kalangan masyarakat Jepang, sejarah pemikiran serta tokoh-tokoh yang turut mengembangkan konsep pemikiran tersebut dari masa pra modern hingga masa modern.
  • Penerjemahan Jepang-Indonesia (Nichi - I Honyaku)

    Dosen menjelaskan tujuan mata kuliah, sumber pustaka, memimpin diskusi dan melibatkan mahasiswa dalam pengambilan keputusan dan menjelasakan dengan melibatkan mahasiswa untuk mengeluarkan pendapatnya dan tannya-jawab
  • Penerjemahan Indonesia-Jepang (I-Nichi Honyaku)

    Mata kuliah ini bertujuan untuk menerjemahkan kalimat-kalimat dengan berbagai macam pola dan dalam berbagai macam kondisi, ke dalam bahasa Jepang Jepang yang benar. Setiap topik dilengkapi dengan daftar kosa kata, contoh teks, dan struktur kalimat. Mata kuliah ini akan memberikan ketrampilan dan pengetahuan bagi mahasiswa dalam menerjemahkan bahasa Indonesia.
  • Penerjemahan Lisan Jepang-Indonesia (Nichi-I Tsuyaku)

    Mata kuliah ini berisi konsep dasar dalam penerjemahan lisan dimulai dari prinsip dasar penerjemahan yang meliputi shadowing, slash listening, aight translation, quick response dan note-taking sampai penerapan baik dalam situsai yang formal maupun informal dalam bentuk concesutive interpreting dan simultaneous interpreting.

BINUS EDUCATION