Open Courseware

Course List

  • Bahasa Jepang III (Nihongo III)

    Mata kuliah bahasa Jepang III (Nihongo III) memberikan pengetahuan tentang tata bahasa Jepang tingkat dasar lanjutan dari bahasa Jepang II. Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa mampu menggunakan pola-pola kalimat sederhana yang telah dipelajari baik secara lisan atau tulisan dengan latar belakang kehidupan sehari-hari sesuai dengan pola bahasa penutur asli.
  • Matematika Diskrit

    Materi kuliah memuat konsep dasar logika dan matematika diskrit yang meliputi: logika proposisi, aljabar proposisi, pernyataan, argumen, kuantor, induksi matematika, teori set, fuzzy logic, relasi, fungsi, fungsi rekursif, pengantar algoritma, poset, aljabar boole dan analisisnya, DNF, teori graph, jenis graph, isomorphisma, tree graph, jaringan petri, finite automata, non DFA serta aplikasinya yang dapat mendukung penyelesaian masalah matematika logik, teknik informatika, dan logika pemrograman komputer. Di sisi lain dengan kuliah ini para mahasiswa akan berkembang daya nalar dan logikanya di dalam menganalisis sesuatu masalah yang diskrit.
  • Pemrograman Matematika

    Kuliah ini berisi beberapa metode untuk membantu pengambilan keputusan yang optimum dan bertujuan untuk menyediakan suatu dasar rasional bagi pengambil keputusan dengan cara pemahaman terhadap suatu situasi yang kompleks melalui pemodelan matematis. Materi kuliah ini juga berperan dalam menyelesaikan masalah optimalisasi dalam berbagai permasalahan aplikasi matematika, ekonomi, industri, dan engineering yang meliputi pemrograman linear, fuzzy linear programming, pemrograman non-linear, analisis sensitivitas, model transportasi, fuzzy transportation, penugasan, integer programming, dan dynamic programming serta aplikasinya dalam berbagai masalah.
  • Pemodelan Matematika Terapan

    Mata kuliah ini berisi penjelasan tentang pengertian model dan aplikasinya serta beberapa model matematika seperti: model pengambilan keputusan, model kuantitatif matematika, model perencanaan jaringan kerja proyek, model permainan, model ramalan, model pengendalian persediaan, model antrean, model Markov, dan model simulasi yang merupakan pendukung di dalam proses pengambilan keputusan dan optimalisasi proses baik di bidang Teknik, Industri, Bisnis, dan Manajemen. Mata kuliah ini merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin mengembangkan diri dalam proses optimalisasi menggunakan model matematika dan berbasis program komputer.
  • Pengetahuan Lingkungan

    Pengetahuan lingkungan membahas tentang konsep dasar pengetahuan lingkungan, pengolahan air, limbah, pencemaran lingkungan, AMDAL dan aplikasinya dalam melestarikan lingkungan (Manajemen Lingkungan).
  • Fisika Dasar I

    Mata kuliah Fisika Dasar 1 di awali dengan satuan, besaran dan satuan fisika serta vektor sebagai salah satu sarana dalam menyatakan besaran fisika yang dllanjutkan dengan konsep dasar mengenai: kinematika 1, kinematika 2, dinamika, usaha dan energi, impuls dan momentum, rotasi benda tegar, elastisitas, kalor dan suhu, teori gas kinetik dan perpindahan kalor serta getaran harmonik sederhana. Dalam mata kuliah ini diberikan pula gambaran tentang penerapannya dalam bidang ilmu pengetahuan teknik, khususnya bidang sistem komputer.
  • Fisika Dasar III

    Mata kuliah Fisika Dasar III membahas mengenai medan elektro magmetik yang memuat konsep-konsep dasar mengenai Hukum Coulomb, definisi medan listrik (intensitas medan listrik), energi dan potensial listrik, Hukum Gauss dan divergensi serta garis gaya elektrik, koduktor, dilelektrikum dan kapasitansi, medan magnet (Hukum Ampere dan Hukum Biot-Savart), gaya magnetik (gaya Lorentz), magnetisasi dan induktansi serta gaya gerak listrik dan teori medan (Persamaan Maxwell), Sebagai materi pendahuluan diberikan analisa vektor yang menyangkut macam-macam sistem koordinat dan transformasi koordinat .
  • Matriks & Transformasi Linear

    Mata kuliah Matriks dan Transformasi Linear memuat dasar-dasar konsep dan prosedur dalam aljabar linear yang dapat dipergunakan untuk diterapkan dalam topik-topik matematika terapan dan mempelajari aljabar linear lebih lanjut.
  • Aljabar Linier

    Mata kuliah Aljabar Linear memuat dasar-dasar konsep dan prosedur dalam Aljabar Linear yang dapat dipergunakan untuk diterapkan dalam topik-topik Matematika Terapan dan mempelajari Aljabar Linear lebih lanjut.
  • Kalkulus

    Mata kuliah K0584 Kalkulus I berisi topik-topik fungsi dan limit, derivatif, aplikasi dari derivatif, integral, aplikasi dari integral, fungsi-fungsi transcendental, teknik integrasi, bentuk-bentuk tak tertentu dan integral improper, dan deret tak berhingga
  • Matematika

    Matakuliah Matematika meruipakan matakuliah dasar yang memuat pokok bahasan limit, diferensial, dan integral untuk diajarkan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur sebagai pendukung ilmu pengetahuan khususnya dalam rekayasa rancang bangun arsitektur
  • Dasar - Dasar Penilaian Properti

    Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami typology dan morfology bangunan komersial yang dihubungkan dengan factor teknis, & non teknis yang mencakup: aspek pemasaran & pemeliharaan properti
  • Struktur Data

    Matakuliah ini mempelajari beberapa data komposit seperti array, struct, dan linked-list serta implementasinya untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Matakuliah ini mempelajari berbagai abstract data type seperti stack, queue, tree, graph dan implementasinya yang digunakan dalam pemecahan masalah. Matakuliah ini mensyaratkan pembelajar telah mempelajari algoritma pemrograman (T0016)
  • Web Programming

    Mata kuliah Pemrograman Berbasis Web memberikan gambaran tentang bagaimana perancangan dan pembuatan program yang berbasis web yang dinamis. Akan dijelaskan konsep web programming secara umum, kemudian mahasiswa akan dituntun untuk membuat aplikasi web dinamis menggunakan JSP dan Servlet, pada akhir perkuliahan akan dikenalkan Design Pattern dan Framework yang banyak dipakai dalam web development
  • Grafik Komputer

    Grafika Komputer (computer graphics) adalah sebuah teknologi visualisasi berbasis komputer yang mampu menghasilkan gambar-gambar dengan persepsi 3D pada layar 2D. Dalam mata kuliah Grafika Komputer mahasiswa tidak hanya akan memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana prinsip-prinsip 3D graphics pipeline ini diimplementasikan tetapi lebih dari itu, dengan menggunakan bahasa C/C++ dan mesin grafik openGL, mahasiswa akan mendapatkan pula "hands-on experiences" dalam pemrograman grafik 2D/3D interaktif.
  • Rekayasa Piranti Lunak

    Matakuliah ini menjelaskan metode pengembangan piranti lunak dari proses analisis, perancangan hingga testing dengan fokus pada teknik berorientasi objek yang menggunakan model UML. deperawatan suatu piranti lunak, serta mampu menerapkan berbagai metoda pengembangan piranti lunak, teknik pengujian kebenaran dan reliability piranti lunak, dan memanfaatkan berbagai perangkat bantu untuk pengembangan piranti lunak yang berkualitas.
  • Konsep Bahasa Pemrograman

    Perkembangan di bidang Teknologi Piranti Lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitik. Kondisi ini menuntut seseorang profesional Teknologi Informasi untuk dapat dengan cepat memilih, mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan industri. Secara rinci pengetahuan dan ketrampilan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari meliputi bahasa pemrograman imperatif, object oriented programming, functional dan logical.
  • Teori Bahasa dan Automata

    Perkembangan di bidang teknologi piranti lunak sedemikian cepat mengikuti kebutuhan industri yang kompetitif. Untuk dapat memahami bahasa pemrograman komputer dengan biak, perlu memahami Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah ini mempelajari teori bahasa serta automata khususnya Finite automata dan regular expressions yang berguna dalam merancang lexical analyser (bagian compiler yang mengelompokkan karakter menjadi tokens). Selain itu juga digunakan untuk text editor, pattern matching, text processing dan file searching.
  • Sistem Informasi Geografi

    Sistem Informasi Geografis adalah sebuah sistem komputer yang dapat menyimpan dan menggunakan data yang menggambarkan lokasi - lokasi pada permukaan bumi (Rhind,1989). Sebuah Sistem Informasi Geografis adalah sekumpulan peralatan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil, mentransformasi dan menampilkan data spatial (keruangan) dari dunia nyata untuk tujuan tertentu (Burrough,1986). Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis ini memuat konsep dasar Sistem Informasi Geografis yang dilengkapi dengan pengenalan beberapa metode pengembangan sistem serta manajemen proyek yang sesuai, sehingga mahasiswa diharapkan dapat menerapkan metode pengembangan maupun manajemen proyek dalam memodelkan suatu kasus di dunia nyata ke dalam model SIG.
  • Dasar Telekomunikasi

    "Membahas prinsip dasar sistem telekomunikasi umum yaitu komunikasi suara seperti sinyal dan proses konversinya, teknik modulasi, teknik transmisi melalui kabel konvensional, gelombang elektromaknetik dan serat optik. Teknik switching sebagai tulang punggung sistem telekomunikasi dipaparkan secara singkat dengan aplikasinya pada sistem telepon tradisional maupun telepon seluler demikian pula komunikasi satelit seringkali merupakan pilihan yang harus diambil karena tidak tersedianya pilihan lain. Mata kuliah Dasar Telekomunikasi akan menjadi dasar yang kuat untuk mengerti jaringan komputer dan prasyarat bagi mahasiswa Jurusan Sistem Komputer yang mengambil peminatan Sistem Komunikasi.

BINUS EDUCATION