Open Courseware

Course List

  • Manajemen Resiko Berkomputer

    Mata kuliah ini memberikan para mahasiswa pengetahuan, konsep-konsep serta keahlian analisis tentang resiko, ancaman, hazard, dan vulnerabilitas dari keamanan informasi organisasi sehubungan dengan aplikasi-aplikasi sistem komputer. Selain itu, Mata Kuliah ini juga memberikan suatu keahlian bagi mahasiswa bagaimana mengelola resiko yang mungkin terjadi sehubungan dengan akftifitas berkomputer dalam kehidupan sehari-hari.
  • Character Building IV

    Mata Kuliah Character Building IV (CB IV) "Relasi Dengan Dunia" merupakan tema keempat, sekaligus terakhir dari empat tema mata kuliah Character Building yang diajarkan kepada semua mahasiswa Bina Nusantara University dan merupakan bagian integral dalam usaha mendorong terwujudnya Binusian yang Smart and Good. CB IV berisi materi bagaimana para Binusian mengembangkan dan menggunakan prinsip-prinsip etis dalam setiap keputusannya baik dalam penggunaan teknologi, pelestarian lingkungan hidup, maupun dalam dunia kerja.
  • Algoritma dan Pemrograman Komputer

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam menggunakan atau memanfaatkan salah satu bahasa pemrograman yang telah ada untuk diaplikasikan dalam suatu aplikasi industri, agar mahasiswa mendapatkan wawasan dalam memanfaatkan teknologi informasi
  • Bahasa China V

    Mata Kuliah Bahasa China V memuat pronounciation, pembahasan kosa kata, tata bahasa yang penting dalam suatu teks dan penggunaannya dalam kalimat serta penganalisaan fungsi suatu frase dalam kalimat. Dalam mata kuliah Bahasa China V, mahasiswa diharapkan dapat menunjukkan inti dari suatu teks atau bacaan yang ada dalam materi maupun teks atau bacaan yang mahasiswa dapatkan di luar teks atau bacaan materi kuliah.
  • Akuntansi Keuangan I

    Mata kuliah akuntansi keuangan I memuat konsep-konsep dasar dan standar akuntansi keuangan yang memberikan gambaran mengenai praktek pencatatan dan pelaporan keuangan pada berbagai jenis entitas bisnis. Materi yang dicakup di dalam mata kuliah ini merupakan pendalaman dan kelanjutan dari materi yang diberikan pada mata kuliah Pengantar Akuntansi. Mata kuliah ini akan menjadi fondasi dan prasyarat bagi para mahasiswa jurusan akuntansi pada setiap peminatan yang akan diambil.
  • Web Based Accounting

    Berisi konsep tentang dampak perkembangan lingkungan kegiatan usaha (bisnis), khususnya akibat perkembangan teknologi komputasi dan komunikasi (information and communication technology, ICT), terhadap profesi akuntan dan sistem informasi akuntansi, khususnya yang berkaitan dengan masalah-masalah prosedur pada siklus pemrosesan transaksi akuntansi (transaction processing procedures), penetapan resiko (risks assessment) dan sistem pengendalian intern (internal controls structures).
  • Tourism Management and Planning

    Mata kuliah Tourism Management and Planning memberikan pemahaman tentang pengelolaan destinasi dan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) mulai perencanaan, pengembangan dan pengawasan meliputi operasional, pemasaran, sumber daya manusia (SDM) dan keuangan. Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk memiliki kepekaan dalam menemukenali potensi wisata di destinasi dan ODTW serta meramunya menjadi sebuah daya tarik
  • Jaringan Syaraf Tiruan

    Mata kuliah Jaringan Syaraf Tiruan berisi teori mengenai model dan arsitektur dari bermacam-macam jaringan beserta learning rulenya, konsep mengenai logika fuzzy dan algoritma genetika serta hubungannya dengan jaringan syaraf tiruan.
  • Praktikum Aplikasi Mikroprosesor dan Interfacing

    Mata praktikum Aplikasi Mikroprosesor dan Interfacing memuat berbagai aplikasi sederhana untuk antar muka mikroprosesor dengan berbagai peripheral melalui berbagai metode komunikasi. Mata praktikum ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.
  • Network Programming

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai protocol-protocol yang umum dipergunakan pada program aplikasi di jaringan komputer. Pembahasan tentang protocol khususnya pada TCP/IP difokuskan pada IP versi 4. Bahasa pemrograman yang dipergunakan pada kuliah ini adalah bahasa C, yang umum dipergunakan pada sistem operasi Unix, Linux maupun windows.
  • Jaringan Komputer

    Mahasiswa akan dapat merancang, mengimplementasikan, melakukan maintenace jaringan korporat
  • Praktikum Jaringan Komputer

    Mahasiswa menerapkan pengetahuan teoritik mengenai jaringan komputer mulai dari Physical Layer dengan membuat kabel UTP, membangun LAN, melakukan internetworking dengan router, mengamankan jaringan dengan pemakaian Firewall. Melalui kegiatan laboratorium maha siswa akan mendapatkan pengetahuan lengkap dlama membangun jaringan enterprise kecil yang sesuai untuk kebutuhan Usaha Kecil dan Menengah
  • Metode Penelitian Masyarakat dan Kebudayaan Jepang (Nihon Syakai Kenkyuu Riron)

    Matakuliah ini memuat dasar-dasar metode penelitian dan teori-teori mengenai masyarakat dan kebudayaan Jepang, sebagai landasan bagi mahasiswa yang ingin membuat skripsi.
  • Fisika Dasar

    Fisika Dasar merupakan dasar ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai basis untuk mempelajari bidang aplikasi lain dengan lebih mudah serta sangat membantu untuk memecahkan segala masalah dalam segala bidang khususnya disain dan rekayasa industri.
  • Kimia Dasar

    Mata kuliah kimia dasar meliputi materi konsep mol, persamaan reaksi, stoikiometri, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, redoks, polimer , korosi dan limbah ( pencemaran )
  • Chinese Scientific Writing

    Mata kuliah ini merupakan pengenalan bagi mahasiswa terhadap metode-metode penelitian, khususnya penelitian kualitatif. Research Methods memperkenalkan dasar-dasar penelitian kualitatiif, tahapan-tahapan penelitian, dan teknik penelitian. Mata kuliah ini merupakan dasar pengenalan menuji penelitian. Mahasiswa akan mendapat gambaran secara umum apa itu penelitian kualitatif bagaimana melakukannya.
  • Research Methodology

    Mata kuliah ini merupakan pengenalan mahasiswa terhadap metode-metode penelitian, khususnya penelitian kualitatif. Research Methods memperkenalkan dasar-dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif, tahapan-tahapan penelitian dan teknik penelitian. Mata kuliah ini merupakan dasar pengenalan cara mengadakan penelitian dalam penulisan thesis. Mahasiswa akan mendapatkan gambaran umum apa yang dimaksud penelitian kualitatif dan kuantitatif serta bagaimana melakukannya
  • Chinese Art and Performance

    Mata Kuliah Chinese Art and Performance memuat konsep dasar Tata Bahasa China Klasik, seperti partikel, polanya
  • Bahasa China I

    Mata kuliah Nahasa China I memuat dasar pelafalan, tata bahasa dan penulisan Bahasa China. Mata kuliah Bahasa China I akan menjadi fondasi dan prasayarat bagi mahasiswa jurusan Sastra China
  • Perancangan Tapak

    Matakuliah ini mempelajari tentang informasi tapak, pembuatan program, analisis dan konsep lingkngan, serta perancangan tapak sehingga mahasiswa dapat membuat perancangan tapak secara holistik

BINUS EDUCATION